• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 28 Februari 2024

Pendidikan

Tuan Rumah Rakernas, Rektor Unisma Siap Kawal Kemajuan Peradaban

Tuan Rumah Rakernas, Rektor Unisma Siap Kawal Kemajuan Peradaban
Rektor Unisma siap kawal kemajuan peradaban. (Foto: NOJ/Moch Miftachur Rizki)
Rektor Unisma siap kawal kemajuan peradaban. (Foto: NOJ/Moch Miftachur Rizki)

Malang, NU Online Jatim
Universitas Islam Malang (Unisma) menjadi tuan rumah Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Lembaga Pendidikan (LP) Ma'arif NU Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) bertajuk 'Membangun Pendidikan Unggul untuk Peradaban dunia Berkelanjutan', Jum'at hingga Senin (26-29/08/2022).


Rektor Unisma, Prof. Dr. H. Maskuri mengatakan, ini sebuah kehormatan tersendiri menjadi tuan rumah pelaksanaan Rakernas LP Ma'arif NU PBNU. "Kami bangga, Insya Allah ini merupakan kebangkitan LP Ma'arif NU di Indonesia. Kami ucapkan selamat datang kepada seluruh kyai, ulama, dan yang lainnya di kampus hijau, kampusnya NU," katanya.


Ia menjelaskan, kunci keberhasilan Unisma sebagai lembaga pendidikan berkualitas, tentunya di butuhkan kerja sama dan koordinasi yang baik dalam lembaga pendidikan. "Kebersamaan selalu di bangun. Energi negatif buanglah jauh-jauh akan dapat menghadirkan energi positif. Insya Allah akan menjadi tangga kemajuan," jelasnya.


Prof Maskuri juga memaparkan, ia selalu mengingatkan kepada seluruh jajaran di Unisma untuk tidak membicarakan lembaga lain dalam dan di luar Unisma. "Di kampus Unisma, tidak saya perkenankan untuk itu, tetapi kita harus bangga dengan lembaga pendidikan NU," paparnya.


Tokoh NU asal Tuban tersebut juga menerangkan, kemajuan Unisma merupakan hasil dari kinerja bersama civitas akademika Unisma. Tentunya, kinerja bersama juga diberikan uswah oleh pimpinan yang ada di Unisma.


"Selain memberikan teladan, tentunya memberikan apresiasi terhadap setiap orang yang ada di lingkungan dengan hasil kerjanya meski sekecil apapun. Jangan pernah mengecilkan siapapun," jelasnya.


Lembaga pendidikan sudah saatnya menciptakan program-program yang adaptif sesuai zamannya. Juga menjaga seluruh rencana dan program secara ketat dan terukur, sehingga bisa mencapai tujuan yang diharapkan dengan maksimal," tutupnya.


Sebagai informasi, Unisma telah berhasil menjadi Perguruan Tinggi Swasta (PTS) terbaik versi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) RI yang di rilis pada Agustus 2020. Kampus terbaik di lingkungan Nahdlatul Ulama (NU) itu berada di urutan ke-44 secara umum dan 29 pada klaster 2 kategori Perguruan Tinggi Negeri (PTN)/PTS dari 4.670 dan posisi ke-14 dari 4.593 kategori PTS.


Di Jawa Timur, Unisma mendapat peringkat ke-9 dari sekitar 350 PTN/PTS, serta urutan ke-3 dari 328 PTS. Yang tidak kalah membanggakan, Unisma menjadi peringkat 1 dari 56 PTS di Malang Raya dan peringkat 1 di kalangan Perguruan Tinggi Nahdlatul Ulama (PTNU).


Pendidikan Terbaru