• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 22 Februari 2024

Pendidikan

Unisma dan Ikapete Gelar Muktamar Nasional Pemikiran KH M Hasyim Asy'ari

Unisma dan Ikapete Gelar Muktamar Nasional Pemikiran KH M Hasyim Asy'ari
Prof Maskuri, Rektor Unisma sekaligus Ketua Umum Presidium Nasional Ikapete saat Konferensi Pers, Sabtu (21/01/2023). (Foto: NOJ/ Moch Miftachur Rizki)
Prof Maskuri, Rektor Unisma sekaligus Ketua Umum Presidium Nasional Ikapete saat Konferensi Pers, Sabtu (21/01/2023). (Foto: NOJ/ Moch Miftachur Rizki)

Malang, NU Online Jatim

Universitas Islam Malang (Unisma) bersama Ikatan Keluarga Alumni Pesantren Tebuireng (Ikapete) akan menggelar Muktamar Nasional Pemikiran Hadratussyaikh KH M Hasyim Asy'ari dan peluncuran Program Lembaga-lembaga Presidium Nasional Ikapete. Kegiatan dipusatkan di Auditorium Prof Dr KH Tholhah Hasan, Unisma, Kota Malang, Ahad (22/01/2023) hari ini.


Kegiatan bertajuk 'Aktualisasi Resolusi Jihad Hadratussyaikh KH M Hasyim Asy’ari dalam Menjaga Keutuhan NKRI' ini rencananya akan dihadiri ribuan alumni Pondok Pesantren Tebuireng Jombang serta beberapa muhibbin.


“Sesuai data yang sudah terdaftar sampai saat ini berjumlah 1000 peserta, tetapi angka ini akan terus bertambah," kata Rektor Unisma sekaligus Ketua Umum Presidium Nasional Ikapete, Prof Maskuri saat konferensi pers, Sabtu (21/01/2023).


Ia mengatakan, kegiatan ini nantinya akan menghadirkan beberapa tokoh-tokoh besar, baik dari PBNU, PP Muhammadiyah, Menko Polhukam Mahfud MD, DPR, MPR, dan beberapa dzuriyyah, seperti Yenny Wahid dan lainnya.


Dirinya menjelaskan, kegiatan yang akan terselenggara nantinya merupakan Muktamar pertama yang akan mengupas sosok KH M Hasyim Asy’ari sebagai tokoh besar Nahdlatul Ulama (NU) yang peran dan gagasannya tak hanya dikenal secara nasional, melainkan internasional.


"Beliau Hadratussyaikh KH M Hasyim Asy'ari merupakan tokoh yang mempelopori Resolusi Jihad untuk mempertahankan kemerdekaan. Selain itu, beliau juga merupakan tokoh utama dalam Komite Hijaz waktu itu," tambahnya.


Prof Maskuri memaparkan, sebab ketokohan dan keteladanan Hadratussyaikh KH M Hasyim Asy'ari, maka Ikapete bersama Unisma akan membicarakan dan mendistribusikan seputar resolusi jihad dalam perspektif pendidikan, sosial ekonomi hingga pertahanan dan keamanan.


"Dalam Muktamar nantinya juga akan dilangsungkan dua sesi. Pertama, sesi yang diisi oleh tokoh-tokoh nasional. Kedua, akan diisi oleh alumni-alumni Tebuireng yang sudah memiliki reputasi," tandasnya.


Pendidikan Terbaru