• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 18 Agustus 2022

Pendidikan

Unisma Gelar Pengabdian Masyarakat di Jombang

Unisma Gelar Pengabdian Masyarakat di Jombang
FEB Unisma melaksanakan pengabdian masyarakat di Pesantren Tarbiyatun Nasyiin dan SMK di Pacul Gowang Jombang. (Foto: NOJ/TId)
FEB Unisma melaksanakan pengabdian masyarakat di Pesantren Tarbiyatun Nasyiin dan SMK di Pacul Gowang Jombang. (Foto: NOJ/TId)

Jombang, NU Online Jatim
Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Islam Malang (Unisma) melaksanakan pengabdian masyarakat ke Pesantren Tarbiyatun Nasyiin dan SMK pondok di Pacul Gowang Kabupaten Jombang, Senin (30/05/2022). 


Tim dipimpin Dekan FEB UNISMA, Nur Diana SE, MSI ke pesantren yang merupakan pesantren salaf pimpinan KH Muhammad Shobih Al Muayyad Aziz. KH Muhammad Shobih. Pimpinan pondok adalah putra pertama dari almargfurlah KH Aziz Mansur.


Dalam kunjungan tersebut dekan beserta rombongan diterima KH Muhammad Shobih Al Muayyad Aziz dan Kepala Sekolah SMK Tarbiyatun Nasyiin, Lukman Hakin Ssos, SPd, untuk menjalin MoU dengan pondok pesantren dan SMK yang dikelolanya.


Dekan FEB Unisma Nur Diana, SE, MSi, dalam sambutannya menyatakan bahwa setiap kunjungan yang dilaksanakan FEB Unisma selalu memiliki misi dan semangat yang sama. Yaitu meningkatkan tali silaturahmi, saling berkolaborasi dalam mendukung kemajuan antar lembaga yang sama-sama dibawah naungan Nahdlatul Ulama. Semangat itu kemudian tertuang dalam bentuk penandatanganan MoU, terkait Tridharma Perguruan Tinggi.


“FEB Unisma berkepentingan untuk menjalankan kerja sama bidang tridharma perguruan tinggi dengan lembaga pendidikan dan pesantren di bawah naungan Nahdlatul Ulama dengan tujuan mengembangkan kompetensi sumber daya manusia. Baik guru maupun siswa sesuai dengan bidang serta melakukan kerja sama yang saling menguntungkan guna meningkatkan kapasitas lembaga,” tutur Diana.


Kepala Sekolah Tarbiyatun Nasyiin Bapak Lukman Hakim, Ssos, SPd, mengungkapkan rasa syukur atas kedatangan rombongan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang. Lukman Hakim berharap dengan ditandatanganinya MoU antara kedua lembaga ini, dapat meningkatkan transfer quality of knowledge dari FEB UNISMA. Agar keinginan bersama untuk menjadi lebih maju dan berkembang dapat terwujud.


Acara dilanjutkan dengan pemberian cindera mata oleh FEB UNISMA dan SMK Tarbiyatun Nasyiin dihadapan para santri dan siswa siswi SMK serta penyampaian materi pengabdian masyarakat yang dilakukan Tim Dosen FEB UNISMA. 


Di antaranya Workshop Entrepreneur bagi Santri dan pelajar di era Digital yang dilakukan Tim Dosen UNISMA yaitu Nur Diana, SE, MSi (ketua), Maslichah SE, MSi, Akt CA dan M. Cholid Mawardi SE, MM. Kemudian Workshop Digital Marketing bagi Santri dan Pelajar oleh tim dosen Dr. Ridwan Basalamah SE, MM, dan Khalikusssabir SE, MM.


Dalam paparannya Diana mengatakan, bahwa workshop yang dilakukan ini bertujuan untuk mengenalkan para santri dan siswa/siswi SMK atau kaum milenial yang tengah berproses dan diharapkan mampu bersaing menghadapi era ekonomi digital. Generasi muda millenial ini juga nantinya akan diperkenalkan kepada pasar digital tim pengabdian masyarakat FEB Unisma rangka menjalankan Revolusi Industri 4.0.


“Penting sekali membangun semangat entrepreneur sejak dini. Anda semuanya merupakan pebisnis pemula, perlu memperkuat diri dengan pondasi bisnis. Niat yang kuat, passion yang prospektif, komitmen dalam belajar serta mencari jejaring adalah basic bisnis yang wajib dimiliki,“ tutur Diana


“Anda semua harus memiliki energi positif, menggali insight baru, percaya diri, mampu bersaing, tangguh, produktif agar memberikan dampak untuk masyarakat di sekitarnya,” tegasnya penuh semangat dihadapan para santri millennial. 


Sementara itu di ruang Laboratorium Komputer SMK Tarbiyatun Nasyiin juga digelar Focus Group Discussion 'Pengembangan Kulirikulum Perbankan Syariah' Bagi SMK yang yang dipimpin Dr. Harun Alrasyid Phd. Tim beraggotakan Afifudin SE, MSA, Akt, Budi Wahono SE, MM dan Junaidi SE, MM memberikan pendampingan pengembangan kurikulum bagi guru- guru jurusan perbankan syariah SMK Tarbiyatun Nasyiin Desa Paculgowang Kabupaten Jombang.


Acara yang digelar sehari penuh mulai pukul 08.00 wib hingga pukul 16.00 wib. Acara itu berlangsung lancar dan penuh semangat. apalagi diberikan beberapa games dengan hadiah dorprize dari FEB Unisma.


Editor:

Pendidikan Terbaru