• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 8 Desember 2022

Pendidikan

Unisma Jalin Kerja Sama dengan Universitas Thailand

Unisma Jalin Kerja Sama dengan Universitas Thailand
Unisma jalin kerja sama dengan Universitas Thailand. (Foto: NOJ/suarantb)
Unisma jalin kerja sama dengan Universitas Thailand. (Foto: NOJ/suarantb)

Malang, NU Online Jatim
Universitas Islam Malang (Unisma) jalin Memorandum of Understanding (MoU) dan Memorandum of Agreement (MoA) dengan Prince Songkla University (PSU) Thailand, Jum’at (01/07/2022). Penandatanganan ini diikuti oleh seluruh fakultas yang ada di Unisma, baik dari program sarjana maupun pascasarjana serta fakultas dan prodi di bawah Faculty of International Study PSU Thailand.


Rektor Unisma, Prof Dr Maskuri M.Si mengatakan, kerja sama ini sudah terjalin sejak 2015. Implementasi dari kerja sama tersebut berupa student exchange, join riset, international conference, transfer kredit, dan lainnya.



“Kerja sama ini sudah habis, tapi kami perbarui lagi. Dengan kerja sama ini kami bisa melakukan pertukaran dosen maupun mahasiswa ke luar negeri maupun sebaliknya,” ujarnya.


Kerja sama dengan perguruan tinggi di luar negeri ini menurutnya sebagai internasionalisasi Unisma. Ini sebagai upaya menciptakan globalisasi perguruan tinggi.


“Unisma tak hanya berpengaruh di Indonesia, tapi juga di dunia. Ini sejalan dengan tagline dari Unisma. Dari NU untuk Indonesia dan peradaban dunia. Harapannya Unisma dikenal di dunia dan kualitas pendidikannya semakin bagus,” terangnya.


Wakil Rektor I Unisma, Prof Drs H Junaidi MPd PhD menambahkan, awal mula terjalin kerja sama Unisma dan PSU Thailand Implementasi pertamanya yakni pertukaran dosen dari Unisma ke PSU Thailand. Kemudian dilanjutkan dengan pertukaran mahasiswa.


“Dalam waktu dekat ini, sudah siap 20 mahasiswa untuk mengambil mata kuliah 6 SKS di sana,” tambahnya.


Pendidikan Terbaru