Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Ikuti Ramadlan Camp bersama Dzurriyah Syaikhona Kholil dan Aswaja NU Center Jawa Timur

Ikuti Ramadlan Camp bersama Dzurriyah Syaikhona Kholil dan Aswaja NU Center Jawa Timur
Pamflet Aswaja Ramadlan Camp 1442 H. (Foto: NOJ/istimewa)
Pamflet Aswaja Ramadlan Camp 1442 H. (Foto: NOJ/istimewa)

Surabaya, NU Online Jatim

Pengurus Aswaja NU Center Pengurus Wilayah Nahdhatul Ulama (PWNU) Jawa Timur pada bulan suci Ramadlan 1442 H kali ini menyelenggaraka Aswaja Ramadlan Camp dengan tema Meneladani Dakwah dan Perjuangan Syaikhona Kholil yang akan dilaksanakan Sabtu hingga Ahad (24-25/04/2021).

 

Ramadlan Camp ini akan menghadirkan narasumber dari dzurriyah Syaikhona Kholil dengan tim peneliti Aswaja NU Center PWNU Jatim.

 

M Zainul Muhaimin, Seketaris Aswaja NU Center PWNU Jatim mengatakan bahwa Aswaja Ramadlan Camp upaya bersama untuk meneladani peran Syaikhona Kholil dalam memperjuangkan serta mendakwah lslam ala Ahlussunnah wal Jamaah di bumi Indonesia ini.

 

“Selain berjuang melalui pendidikan pesantren Syaikhona Kholil juga berjuang melalui karya-karya tulisnya. Sehingga dari Syaikhona Kholil banyak melahirkan tokoh-tokoh besar seperti Hadratussyaikh KH Hasyim Asy’ari, KH As’ad Syamsul Arifin, KH Wahab Hasbullah serta tokoh lainnya,” katanya kepada NU Online Jatim (20/04/2021).

 

Dijelaskan juga melalui Syaikhona Kholil, warga NU saat ini bisa meneladani kiprahnya yang ikut serta mendirikan jam’iyah diniyah ijtimaiyah terbesar yang ditandai dengan memberikan isyarah kepada Hadratussyaikh Hasyim Asy’ari melalui KH As’ad Syamsul Arifin.

 

“Melalui Ramadlan Camp ini nantinya peserta akan dibimbing agar mengetahui lebih dalam manaqib atau sejarah perjuangan Syaikhona Kholil melalui dzurriyahnya yang akan menjadi pemateri. Selain itu peserta juga akan dibekali ilmu pengetahuan tentang Ahlussunnah wal Jamaah mulai dari zaman Nabi Muhammad SAW hingga perkembangannya sampai era sekarang yang milenial ini,” jelasnya.

 

Dirinya bersyukur dengan diadakannya kegiatan Ramadlan Camp ini antusias dari pengurus-pengurus cabang tampak terlihat dengan mengirimkannya delegasinya.

 

“Bahkan ada yang izin untuk ditampilkan dengan menggunakan layar lebar di kantornya dengan harapan pengurus lain dan jamaah lainnya bisa mendapatkan berkah. Semoga dengan Ramadlan Camp yang digelar dengan virtual ini bisa menambah bekal kita akan arti pentingnya Hubbul Wathon Minal Iman,” ujarnya..

 

Pada kesempatan lain Ahmad Syauqi, Ketua pelaksana Aswaja Ramadhan Camp 1442 H menjelaskan bahwa dzurriyah dari Syaikhona Kholil siap menjadi pemateri dan sangat antusias dengan diadakannya kegiatan ini.

 

“Semoga dengan begini bisa membangkitkan motivasi para generasi milenial dalam kegamaan dan kenegaraan melalui sejarah Syaikhona Kholil yang akan kita kupas bersama nantinya,” ungkap gus Syauqi sapaan akrabnya.

 

Ditambahkan bahwa Ramadhan Camp ini akan diikuti oleh pengurus Aswaja NU Center se-Jawa Timur serta masyarakat dari berbagai kalangan.

 

“Termasuk dari kalangan mahasiswa, pelajar, santri dan aktivis masyarakat lainnya. Mohon doanya semoga lancar serta bermanfaat untuk agama, nusa dan bangsa,” pungkasnya.

 

Editor: Risma Savhira

F1 Bank Jatim  Syariah 17/9