Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Latih Kreator Milenial NU, IPNU IPPNU Malang Adakan Pelatihan Media

Latih Kreator Milenial NU, IPNU IPPNU Malang Adakan Pelatihan Media
Pemateri penguasaan desain sedang melatih peserta dalam pelatihan media PC IPNU IPPNU Kabupaten Malang di SMPI Ngebruk Sumberpucung Malang pada Ahad (28/03/2021) pagi. (Foto: NOJ/Moch Miftachur Rizki)
Pemateri penguasaan desain sedang melatih peserta dalam pelatihan media PC IPNU IPPNU Kabupaten Malang di SMPI Ngebruk Sumberpucung Malang pada Ahad (28/03/2021) pagi. (Foto: NOJ/Moch Miftachur Rizki)

Malang, NU Online Jatim

Era digitalisasi semakin terasa, bahkan perkembangan zaman yang begitu pesat mendorong seluruh elemen masyarakat untuk selalu memperbaharui kemampuannya. Merespon akan hal tersebut Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kabupaten Malang adakan pelatihan media dengan tema 'Pelajar NU Berkarya untuk Nusantara'. Kegiatan ini di bertempat di SMPI Ngebruk Sumberpucung Malang pada Ahad (29/03/2021) pagi.

 

Dalam pelatihan media kali ini terdapat tiga materi yang dibagi menjadi dua materi pilihan dan satu materi wajib. Tiga materi tersebut yaitu penguasaan desain grafis bersama Eric Prianto, Desainer Universitas Islam Raden Rahmat (Unira) Malang. Penguasaan literasi bersama Ahmad Makki Hasan, Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Nahdlatul Ulama (Lakpesdam NU) Kabupaten Malang. Dan penguasaan media sosial bersama Zulham Mubarak, Founder NU POLRI Cyber Troops.

 

"Pelatihan media kali ini memang dipisah dengan dua materi pilihan dan satu materi wajib. Karena sejatinya literasi dan desain ada dua hal yang berbeda, tujuan dipisah agar peserta bisa fokus. Dan setelah materi pilihan selesai nanti peserta kami satukan dalam materi penguasaan media sosial untuk nantinya dapat mensinergikan antara literasi dan desain," kata Shinta Kurniawati, Ketua Pelaksana.

 

Shinta sapaan akrabnya juga menyampaikan akan pentingnya pelajar milenial NU untuk menguasai media.

 

"Kegiatan semacam ini perlu kami adakan karena kami rasa pengetahuan tentang media secara keseluruhan masih kurang. Oleh karena itu kami mengadakan pelatihan ini dalam rangka memfasilitasi pembelajaran media di pelajar NU yang ada di Malang," ungkap pelajar asal Ampelgading, Malang tersebut.

 

Ia juga berharap agar seluruh peserta ini dapat berkembang dan dapat menularkan ilmunya kepada pelajar NU di tempatnya masing-masing.

 

"Kami berharap para peserta bisa menghidupkan kembali sosial medianya masing-masing agar syiar kegiatannya lebih hidup lagi," harap Shinta.

 

Senada dengan Shinta, Sekretaris PC IPNU Kabupaten Malang menyampaikan beberapa harapannya terkait terlaksananya kegiatan ini.

 

"Harapannya dengan terlaksananya pelatihan ini dapat menjadi wadah untuk saling komunikasi. Intinya kita ingin membuat sebuah ekosistem atau wadah di mana masing-masing delegasi terbaik tiap daerah atau Pimpinan Anak Cabang (PAC) bisa saling terkoneksi. Minimal nantinya menjadi kreator di wilayahnya masing-masing sekaligus bisa mensyiarkan Islam Ahlussunnah wal Jama'ah an Nahdliyah ala milenial NU," terang Syahrul Alfian.

 

Editor: Risma Savhira

Bank Jatim (31/7)