• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 29 Mei 2024

Malang Raya

Gus Kikin Ingatkan Pentingnya Bangun Ukhuwah Kebersamaan Alumni Tebuireng

Gus Kikin Ingatkan Pentingnya Bangun Ukhuwah Kebersamaan Alumni Tebuireng
KH Abdul Hakim Mahfudz (Gus Kikin) saat menyampaikan sambutan Halal Bihalal Ikapete. (Foot: NOJ/Rizki)
KH Abdul Hakim Mahfudz (Gus Kikin) saat menyampaikan sambutan Halal Bihalal Ikapete. (Foot: NOJ/Rizki)

Malang, NU Online Jatim 

Pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng, KH Abdul Hakim Mahfudz (Gus Kikin) menyampaikan pentingnya membangun ukhuwah antar alumni Pesantren Tebuireng. Hal tersebut disampaikan saat menghadiri Halal Bihalal Ikatan Keluarga Alumni Pesantren Tebuireng (Ikapete) serta peringatan ulang tahun ke-66 Organisasi Pelajar Islam Malang (OPIM) di Pendopo Kabupaten Malang, Rabu (17/04/2024) malam.

 

"Saya bergembira bahwa kita selalu dalam suasana kekeluargaan, guyub dan bersatu. Wadah besarnya alumni Tebuireng paling utama yakni membangun ukhuwah dan kebersamaan. Itu merupakan amanag Hadratussyaikh," kata Gus Kikin.

 

Pihaknya beberapa kali menyampaikan dalam kegiatan santri Tebuireng baik yang sedang menempuh SMA maupun Madrasah Aliyah, bahwa di Tebuireng tidak ada perpisahan.

 

"Selesai Aliyah masuk perguruan tinggi di situ ada organisasi Tebuireng. Selesai kuliah, terjun ke masyarakat ada Ikapete. Itu memang pesan Hadratussyaikh yang dasarnya dari perintah Allah Ta'ala yaitu wa'tasimu bihablillahi jami'an wala tafarraqu," tambahnya.

 

Pj Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur tersebut juga mengingatkan jika Hadratussyaikh selalu mengajarkan agar santri Tebuireng mampu mengamalkan ilmunya serta dekat dengan masyarakat.

 

"Belajar di Tebuireng, kita diberikan contoh bagaimana mengamalkan ilmu. Beliau (Hadratussyaikh) tiap hari Selasa tidak ngaji tetapi beliau mendampingi masyarakat, petaninya didampingi agar bagaimana pertaniannya meningkat, dan banyak hal. Ini perlu kita contoh," jelasnya.

 

Gus Kikin juga mengingatkan pentingnya alumni Tebuireng berkontribusi membesarkan dan membangun Indonesia agar menjadi negara yang baldatun thayyibatun wa rabbun ghofur.

 

"Kebersamaan ini mudah-mudahan menjadi kekuatan yang bisa yang luar biasa. Sehingga menjadi kekuatan nasional, serta menjadikan negara ini semakin kuat untuk menjadi Indonesia Emas 2045," tandasnya.

 

Sebagai informasi dalam kesempatan ini turut hadir di antaranya Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Bidang Keagamaan, KH Ahmad Fahrurrozi (Gus Fahrur), Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Jombang, KH Fahmi Amrullah Hadzik (Gus Fahmi), Ketua Presidium Ikapete, Prof Dr KH Masykuri Bakri dan Pembina Pesantren Mahasiswa Al-Hikam Malang, Nyai Hj Mutammimah Hasyim Muzadi.


Malang Raya Terbaru