Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Tekad NU Nganjuk Kuatkan Sektor Ekonomi dan Kesehatan

Tekad NU Nganjuk Kuatkan Sektor Ekonomi dan Kesehatan
Ketua PCNU Nganjuk KH Hasyim Afandi saat Turba PWNU Jatim di Kota Madiun. (Foto: NOJ/R)
Ketua PCNU Nganjuk KH Hasyim Afandi saat Turba PWNU Jatim di Kota Madiun. (Foto: NOJ/R)

Madiun, NU Online Jatim

Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Nganjuk memiliki sejarah yang penuh perjuangan dalam menguatkan kemandirian ekonomi jamaah dan jamiyah. Selain kemandirian ekonomi, PCNU Nganjuk juga menjalani proses penguatan layanan kesehatan.

 

Upaya kemandirian ekonomi yang sudah dilakukan PCNU Nganjuk di antaranya mendirikan pabrik Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) bermerk NUCless pada tahun 2020.  

 

"Air minum ini alhamdulillah produk asli PCNU Nganjuk. Standar Nasional Indonesia (SNI) sudah keluar, izin edar dari Badan Pengawas Obat Makanan (BPOM) sudah keluar, sehingga sudah bisa diedarkan," kata KH Hasyim Afandi, Ketua PCNU Nganjuk saat acara turun ke bawah (Turba) Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur di Pondok Pesantren Al-Mardliyah Demangan, Kota Madiun, Ahad (13/06/2021).

 

Dalam kesempatan itu, Kiai Hasyim sapaan Ketua PCNU Nganjuk menceritakan, pendirian pabrik air minum yang dilakukan sempat menuai protes dari sejumlah kalangan. Namun, akhirnya tetap bisa selesai pendirian pabrik tersebut.

 

"Sempat didemo bolak balik. Alhamdulillah berkat doa para kiai akhirnya bisa tuntas pendiriannya," ungkapnya.

 

Kiai Hasyim menyatakan, pihaknya akan terus berupaya meningkatkan pabrik air minum tersebut. "Sekarang memang masih gelas (produksinya). Sementara yang botol (produksinya) belum. Semoga ke depan bisa," terangnya.

 

Sementara dalam penguatan layanan kesehatan, mantan Sekretaris PCNU Nganjuk itu menyampaikan, saat ini sedang disipakan pendirian klinik di wikayahnya. 

 

Di antaranya di Kecamatan Prambon dan Warujayeng. "Sementara masih ada dua yang sedang proses pendirian. Saat ini izinnnya sedang diproses," ujar Kiai Hasyim.

 

Selain itu, pendirian rumah sakit milik NU sedang direncanakan. "Insyaallah untuk rumah sakit juga akan segera berdiri," ucapnya.

 

Adapun Turba ini dihadiri KH Syafruddin Syarif Katib PWNU Jatim, KH Marzuki Mustamar Ketua PWNU Jatim, pengurus NU Jatim, serta diikuti para Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Madiun, Kabupaten Madiun, dan Nganjuk.

 

Editor: Nur Faishal

Bank Jatim (31/7)