• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 3 Juli 2022

Rehat

 6 Ikhtiar Lahir agar Tetap Sehat selama Pandemi

 6 Ikhtiar Lahir agar Tetap Sehat selama Pandemi
6 upaya yang dapat dilakukan agar sehat selama pandemi. (Foto: NOJ/KJi)
6 upaya yang dapat dilakukan agar sehat selama pandemi. (Foto: NOJ/KJi)

Surabaya, NU Online Jatim

Laju penyebaran virus Corona semakin tidak terbendung. Bahkan telah ditemukan varian baru virus yang lebih ganas yang tentu saja sangat membahayakan manusia.

 

Di Tanah Air, telah dilakukan upaya pencegahan agar tidak semakin meluas. Salah satunya dengan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM.

 

Di luar itu semua, yang paling penting adalah upaya diri agar dapat tetap sehat selama pandemi. Dan yang dapat dilakukan adalah dengan memperhatikan hal-hal berikut:

 

Pola hidup sehat sangat penting diterapkan untuk kesehatan tubuh. Pola tersebut benar-benar harus dijalankan untuk menambah kualitas kesehatan.

 

Pola hidup sehat merupakan hal yang wajib kita lakukan dengan memilah dan mengatur hidup sehat dan itu bisa berdampak pada diri sendiri yang merasakan banyaknya manfaat. Dengan menerapkan pola hidup sehat, kebiasaan itu bisa saja kita tularkan kepada orang sekitar, khususnya keluarga sendiri.

 

Contoh nyata yang bisa kita lihat yaitu pada zaman dulu rata-rata orang pada zaman itu masih sehat-sehat dan segar karena sering beraktivitas. Hal itu juga karena banyaknya bergerak, makan-makanan sehat, yang masih segar dan alami tanpa bahan pengawet ataupun campuran penyedap rasa. Sera kondisi lingkungan yang masih baik.

 

Dengan menerapkan pola hidup sehat kita juga dapat manfaat seperti meningkatnya imun tubuh, sebagai penangkal atau pencegah penyakit masuk ke dalam tubuh kita salah satunya Covid-19.

 

Bagaimana caranya menjaga pola hidup sehat? Berikut hal yang kelihatannya sederhana dan mudah bisa dilakukan untuk menerapkan pola hidup sehat sehari-hari yang diambil dari Tempo.

 

1. Menjaga makanan dan memakan makanan sehat, poin ini bisa di lakukan dengan menerapkan 4 sehat 5 sempurna, perbanyak makan sayur, serat dan air. Tidak menkomsusi alkohol, obat-obatan terlarang, ataupun rokok.

 

2. Hindari stres, hal ini juga termasuk penting, karena stres bisa menyebabkan banyak tekanan dan penyakit mental yang bisa membuat kualitas tubuh menjadi menurun.

 

3. Menghindari soda gula, seperti minuman dan makan-makanan yang banyak mengandung gula karena terlalu banyak makan dan minum manis dapat menyebabkan risiko dia beres, penyakit jantung bahkan kanker.

 

4. Lakukan olahraga secara teratur, meskipun pandemi, tetap usahakan berolahraga meskipun sekadar jalan kaki atau joging, bahkan senam bisa dilakukan.

 

5. Istirahat yang cukup, tentu saja ini perlu untuk memulihkan stamina, menjaga metabolisme tubuh, dan membuat tubuh terus bugar.

 

6. Pola hidup sehat lainnya, yaitu memperbanyak minum air putih, selain menghindarkan dari dehidrasi. Banyaknya meminum air putih juga bisa membantu fungsi otak yang sehat, konsentrasi dan suasana hati yang positif. Selain itu juga dapat membantu menurunkan berat badan karena membuat merasa kenyang dan meningkatkan beberapa kalori.yang banyak terbakar.

 

Demikian sejumlah ikhtiar lahir yang dapat dilakukan. Di samping itu jangan lupa upaya batin dengan terus memperbanyak membaca Al-Qur’an, shalawat, istighfar, wirid dan sejenisnya agar diberikan ketenangan batin.


Editor:

Rehat Terbaru