• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 7 Desember 2022

Tapal Kuda

Ada Gus Mus dan TG Turmudzi, Berikut Para Kiai Usulan Anggota Ahwa PWNU Jatim

Ada Gus Mus dan TG Turmudzi, Berikut Para Kiai Usulan Anggota Ahwa PWNU Jatim
KH Muhammad Abdurrahman Al-Kautsar atau Gus Kautsar membacakan nama-nama kiai usulan anggota Ahwa PWNU Jatim. (Foto: Dok. NU Online Banyuwangi)
KH Muhammad Abdurrahman Al-Kautsar atau Gus Kautsar membacakan nama-nama kiai usulan anggota Ahwa PWNU Jatim. (Foto: Dok. NU Online Banyuwangi)

Banyuwangi, NU Online Jatim

Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur telah mengambil keputusan tentang nama-nama kiai yang akan diusulkan menjadi anggota Ahlul Halli wal Aqdi (Ahwa) pada Muktamar NU ke-34 mendatang.

 

Di antara para kiai yang diusulkan ada nama KH Mustofa Bisri atau Gus Mus dan Tuan Guru Besar (TGB) Turmudzi dari Nusa Tenggara Barat (NTB). Keputusan tentang calon anggota Ahwa ini tertuang dalam Surat Keputusan (SK) PWNU Jatim Nomor 1091/PW/A-II/I/XI/2021.

 

Nama-nama yang akan diusulkan menjadi anggota Ahwa ini sudah disosialisasikan kepada Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) di Jatim. Salah satunya saat acara turun ke bawah (Turba) PWNU Jatim di kantor PCNU Banyuwangi, Ahad (07/11).

 

Dalam acara itu, KH Muhammad Abdurrahman Al-Kautsar atau Gus Kautsar membacakan SK tersebut. Dalam pembacaannya, Gus Kautsar menyebutkan satu per satu nama kiai calon anggota Ahwa usulan PWNU Jatim.

 

Nama-nama kiai itu dipilih berdasarkan sejumlah kategori. Pertama, kategori mantan Rais Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU). Meliputi KH Mustofa Bisri, KH Ma'ruf Amin, dan KH Miftachul Akhyar.

 

"Selanjut kategori (kedua) kiai dari pesantren sepuh. Yaitu KH Anwar Manshur dari Lirboyo, dan KH Nurul Huda Jazuli dari Ploso," ucap Gus Kautsar saat membacakan SK tersebut.

 

Selanjutnya, kategori ketiga adalah mantan anggota Ahwa pada Muktamar ke-33 di Jombang. Terdiri dari KH Dimyati Rois dan TGB Turmudzi.

 

Adapun kategori keempat adalah perwakilan wilayah NU se-Indonesia. Ada dua kiai yang dipilih, yaitu KH Mahmudin Pasaribu dan KH Najamuddin Abd Sofa.

 

Dalam SK tersebut juga ada poin tentang usulan calon Rais Aam PBNU dan Ketua Umum PBNU dari PWNU Jatim. Masing-masing adalah KH Miftachul Akhyar dan KH Yahya Cholil Staquf.

 

Gus Kautsar juga membacakan poin ketiga isi SK tersebut. "Menginstruksikan kepada PCNU di Jawa Timur untuk mengamankan keputusan ini, baik kaitannya dengan usulan Ahwa maupun calon Rais Aam dan Ketua Umum PBNU sebagaimana dimaksud di atas," tandas Gus Kautsar.


Tapal Kuda Terbaru