• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 9 Desember 2022

Tapal Kuda

Ansor Goes To School Pasuruan Angkat Masalah Narkoba dan Radikalisme

Ansor Goes To School Pasuruan Angkat Masalah Narkoba dan Radikalisme
Ansor Goes to School di SMAN 3 Pasuruan. (Foto: NOJ/Diana)
Ansor Goes to School di SMAN 3 Pasuruan. (Foto: NOJ/Diana)

Pasuruan, NU Online Jatim

Dalam rangka menyambut Hari Anti Narkoba (HAN) pada 26 Juni 2022 mendatang, Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Gadingrejo, Kota Pasuruan menggelar giat ‘Ansor Goes to School’, Kamis (23/06/2022). Kegiatan dipusatkan di Sekolah Menegah Atas Negeri (SMAN) 3 Kota Pasuruan.

 

Hendra Vivid Astriatono, Ketua PAC GP Ansor Gadingrejo menyampaikan tema yang dipilih dalam kegiatan sosialisasi tersebut adalah Bahaya Narkoba dan Pencegahan Radikalisme di Kalangan Pelajar’. Sebab, menurut Vivid, salah satu permasalahan nyata di Kota Pasuruan ialah narkoba serta paham radikal yang menyasar kepada generasi muda.

 

“Menurut Wakil Walikota Pasuruan, 70 persen penghuni lapas kasusnya karena narkoba. Permasalahan ini menyasar pemuda dan remaja sekarang sekitar usia 14 tahun sampai 20 tahun,” katanya.

 

Setelah berkoordinasi dengan Bagian Kesiswaan SMAN 3 Pasuruan sangat antusias serta menyambut baik kegiatan tersebut. Sebab, tema yang dibawakan sangat relevan dengan kasus yang kerap terjadi akhir-akhir ini.

 

“Jadi program kerja kita awalnya tentang permasalahan pemuda yang ada di Kota Pasuruan. Apa yang harus kita kawal agar pemuda dapat produktif dan terhindar dari hal-hal negatif. Oleh pihak SMAN 3 Pasuruan disambut dengan baik dan antusias. Karena mereka sadar persoalan hari ini adalah narkoba dan paham radikalisme,” jelasnya.

 

Ia berharap, selepas kegiatan tersebut para pemuda bisa semakin produktif, berprestasi, dan memiliki kesadaran untuk menjauhi perilaku hedonisme yang menjerumuskan pada narkoba, serta radikalisme yang dapat memecah persatuan bangsa.

 

“Narkoba jelas karena pengaruh lingkungan. Awalnya pasti coba-coba, kemudian kecanduan, dan akhirnya jadi pelaku, pengedar dan sebagainya. Dari kegiatan ini saya harap mereka dapat membentengi diri dari pengaruh-pengaruh buruk yang ada,” tegas Vivid.


Tapal Kuda Terbaru