• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 14 Agustus 2022

Tapal Kuda

Banjir di Pasuruan Surut, Relawan NU Tetap Bantu Warga

Banjir di Pasuruan Surut, Relawan NU Tetap Bantu Warga
Relawan dari NU di Dapur Umum terdampak banjir Pasuruan. (Foto: NOJ/Mokhamad Faisol)
Relawan dari NU di Dapur Umum terdampak banjir Pasuruan. (Foto: NOJ/Mokhamad Faisol)

Pasuruan, NU Online Jatim

Sudah lima hari tiga Kecamatan Rejoso, Winongan dan Grati Kabupaten Pasuruan di landa banjir hal ini dikarenakan tingkat intensitas hujan di Kabupaten Pasuruan diketahui telah meningkat, namun hal itu tidak menyurutkan para relawan NU saat bertugas di Dapur Umum NU Peduli Pasuruan yang terletak di KBIH Al Baka, Kecamatan Rejoso Kabupaten Pasuruan.

 

"Alhamdulillah pada hari Kamis (20/01/2022) beberapa desa di Kecamatan Rejoso dan Grati mulai surut, dan kami akan terus mendistribusikan puluhan nasi kepada warga yang terdampak," ujar Muhammad Ilmy Sholeh selaku Kordinator Lapangan (Korlap) NU Peduli Pasuruan.

 

Pantauan NU Online Jatim, dari pagi hingga malam terdapat Badan Otonom yang terlibat dalam kegiatan tersebut diantaranya Corp Brigade Pembangunan (CBP) Korp Pelajar Putri (KPP) , Barisan Ansor Serbaguna (Banser), Banser Tanggap Bencana (Bagana) Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBINU), Fatayat dan Muslimat NU Kabupaten Pasuruan.

 

Lebih lanjut Gus Sholeh selaku Kordinator Lapangan (Korlap) mengatakan, saat ini yang di butuhkan saat ini adalah posko layak huni, obat obatan,selimut dan pempes.

 

"Salah satu posko yang tidak layak huni ada di Dusun Bandaran Kecamatan Winongan, sedangkan yang membutuhkan obat obatan , selimut dan pempes ada di Kecamatan Grati dan Rejoso,"ujar ketua Pimpinan Anak Cabang (PAC) Kecamatan Rejoso tersebut.

 

Dirinya juga mengapresiasi gairah para relawan yang turut serta mengabdi kepada negara. Salah satunya dengan melayani masyarakat Menurutnya, ini merupakan hal positif yang patut dipelihara.

 

“Alhamdulillah ini bentuk khidmah kader muda NU untuk Ibu Pertiwi . Bagaimana NU mampu mengabdi di semua lini sektor baik agama, sosial, budaya, ekonomi maupun kesehatan masyarakat,” tuturnya.

 

"Alhamdulillah ini bentuk khidmah kader NU untuk Ibu Pertiwi. Hanya ucapan terima kasih yang bisa saya ucapkan kepada relawan yang datang dari punjuru Jawa Timur baik tingkat Pimpinan Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) sampai Pimpinan Ranting (PR)," ujarnya.

 

Sementara itu, Nur salah satu relawan NU Peduli mengatakan, dia semangat karena itu merupakan satu bentuk pengabdian kepada masyarakat. "Besar harapan saya atas nama CBP Kabupaten Pasuruan untuk semua relawan makin semangat dalam mengabdi. Semoga banjir ini segera berakhir dan aktivitas sahabat relawan dapat menjadi amal jariyah,” pungkasnya.

 

Muhammad Nawawi selaku Wakil Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) mengajak mengajak masyarakat dan para donatur untuk bersama-sama meringankan warga terdampak Banjir. Dengan berdonasi melalui rekening 006501001656565 Bank BRI Lazisnu Kabupaten Pasuruan dan 1061599815 Bank Syariah Indonesia Lazisnu Kabupaten Pasuruan. Atau diserahkan langsung di Kantor PCNU Kabupaten Pasuruan.


Tapal Kuda Terbaru