• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 26 Mei 2022

Tapal Kuda

Gerak Cepat, Baznas Pasuruan Bantu Warga Terdampak Banjir

Gerak Cepat, Baznas Pasuruan Bantu Warga Terdampak Banjir
Sejumlah relawan dari Baznas dan Tim NU Peduli Pasuruan gerak cepat membantu warga terdampak banjir. ()
Sejumlah relawan dari Baznas dan Tim NU Peduli Pasuruan gerak cepat membantu warga terdampak banjir. ()

Pasuruan, NU Online Jatim

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Pasuruan melakukan langkah cepat dengan mendistribusikan sembilan bahan pokok (sembako) untuk warga terdampak banjir, Rabu (20/01/2022). Bantuan itu menyasar 9.818 warga yang ada di 12 desa dan 3 kecamatan di Kabupaten Pasuruan.

 

"Bantuan ini diharapkan bisa meringankan warga yang terdampak banjir. Mengingat sampai hari ini banjir masih belum surut," terang Ketua Baznas Kabupaten Pasuruan, Abdullah Nasih Nasor.

 

Ia menjelaskan, bantuan logistik tersebut meliputi beras 5 kwintal, mie instan 100 kardus, mie polos 20 pak, minyak goreng kemasan sebanyak 5 kardus, hingga telur 20 peti untuk warga di Kecamatan Winongan, Grati, dan Rejoso.

 

Selain bahan pangan, Baznas Pasuruan turut mendistribusikan pampers dan susu untuk anak-anak dengan ukuran dan peruntukan usia yang acak.

 

Gus Nasih juga mengungkapkan, bahwa ke depan Baznas akan lebih tanggap membantu warga bila terjadi bencana. Hal itu berdasarkan pertimbangan bahwa Kabupaten Pasuruan memiliki letak geografis yang berpotensi mengalami berbagai jenis bencana alam.

 

"Semoga kami dapat memiliki sarana dan prasarana yang memadai untuk mewujudkan hal tersebut," imbuhnya.

 

Dirinya turut berharap, jika kerja sama antara Baznas dengan Tim Peduli Bencana Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Pasuruan dapat terus dilakukan untuk meringankan beban dari warga terdampak.

 

"Kami berharap, agar banjir segera surut hendaknya lebih banyak lagi relawan yang peduli terhadap korban bencana," pungkasnya.

  

Hingga berita ini ditulis, banjir belum berangsur surut. Bahkan, mengalami peningkatan debit dan ketinggian air akibat hujan deras yang terus mengguyur di sejumlah wilayah di Kabupaten Pasuruan.


Tapal Kuda Terbaru