• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 27 Januari 2023

Tapal Kuda

Banjir Kepung Kawasan Jember, IPNU-IPPNU Sigap Kirim Bantuan

Banjir Kepung Kawasan Jember, IPNU-IPPNU Sigap Kirim Bantuan
IPNU-IPPNU Tanggul, Jember menghimpun dan menyerahkan bantuan kepada korban banjir. (Foto: NOJ/M Haris)
IPNU-IPPNU Tanggul, Jember menghimpun dan menyerahkan bantuan kepada korban banjir. (Foto: NOJ/M Haris)

Jember, NU Online Jatim

Curah hujan tinggi yang terjadi di daerah Bangsalsari, Tanggul, Jember mengakibatkan bajir. Hal tersebut diperparah dengan meluapnya Sungai Sukorejo, sehingga sejumlah ratusan pemukiman warga dan pondok pesantren terendam banjir. Genangan yang cukup tinggi membuat aktifitas warga maupun santri terganggu.

 

Kondisi ini membuat Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPPNU) Tanggul sigap. Yang dilakukan adalah dengan memberikan bantuan terhadap korban bencana banjir, Kamis (14/01/2021).

 

Mughnan Faroid berharap bantuan yang diberikan dapat membantu korban bencana banjir. “Bantuan ini kami berikan tidak lain untuk membantu warga korban terdampak banjir serta pesantren,” katanya.

 

Ketua PAC IPNU Tanggul tersebut menjelaskan sumber bantuan adalah dari hasil penggalangan dana yang dilakukan oleh IPNU-IPPNU setempat. ”Sumber bantuan ini berasal dari hasil penggalangan dana yang dilakukan oleh IPNU-IPPNU Tanggul yang dilakukan melalui open donasi secara online,” jelasnya.

 

Setelah sejumlah dana terhimpun, maka pengurus membelanjakan sejumlah kebutuhan yang paling diperlukan saat banjir melanda. Dan itu dilakukan langsung dengan menemui sejumlah warga di lokasi bencana. “Alhamdulillah respons masyarakat baik, bahkan ada yang langsung menuju kantor MWCNU tanggul menyerahkan pakaian serta makanan pokok,” jelasnya.

 

Mugnan juga menyampaikan harapan dengan bantuan bisa membantu meringankan beban korban banjir. “Kami berharap dengan adanya bantuan ini bisa membantu meringankan beban korban terdampak banjir, dan semoga bencana ini cepat berlalu sehingga aktifitas masyarakat serta pendidikan bisa segera berjalan lancar,” harapnya.

 

Pada saat yang sama, sejumlah warga terdampak banjir senang dan bersyukur atas bantuan yang diberikan IPNU IPPNU. “Alhamdulillah kami sangat bersyukur dan berterimakasih banyak kepada IPNU IPPNU Tanggul yang telah membantu meringankan beban kita semua di sini korban bencana banjir,” kata salah seorang warga.

 

Penulis: Mohammad Haris  


Editor:

Tapal Kuda Terbaru