• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 29 Juni 2022

Tapal Kuda

Banser Lumajang Ikut Amankan Mudik Lebaran Bareng Polres

Banser Lumajang Ikut Amankan Mudik Lebaran Bareng Polres
Satkorcab Banser Lumajang saat mengamankan posko mudik lebaran. (Foto: NOJ/ Sufyan Arif)
Satkorcab Banser Lumajang saat mengamankan posko mudik lebaran. (Foto: NOJ/ Sufyan Arif)

Lumajang, NU Online Jatim
Satuan Koordinasi Cabang (Satkorcab) Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Lumajang turut serta dalam pengamanan lebaran bersama Kepolisian Resort (Polres) setmpat di tujuh titik posko mudik lebaran. Hal itu akan dilakukan sejak H-2 lebaran hingga Rabu (04/05/2022) mendatang.


Ketua Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Lumajang, Gus Mugits Naufal menuturkan, hal ini telah menjadi agenda tahunan Banser Lumajang dalam keikutsertaan pengamanan lebaran.


"Nah, kebetulan gayung bersambut, saat rapat Forkopimka kami diundang dan kami berkolaborasi program dengan Polsek setempat," jelas Gus Naufal.


Untuk tahun ini, menurut Gus Naufal ada tujuh titik posko strategis yang didirikan. Dan semuanya berada di jalur strategis mudik dan di jalur ramai lalu lalang kendaraan warga saat lebaran nanti.


Di antaranya, yaitu di Pasar Wates Ranuyoso, Terminal Minak Koncar Kedungjajang, Sukosari Jatiroto, Pasar baru Lumajang, dan Wisata Pantai Watupecak Pasirian.


“Selain itu, ada pula di simpang tiga Watusalak Candipuro, Simpang tiga Supiturang Pronojiwo," terang Pengasuh Pondok Pesantren Bustanul Ulum Krai Yosowilangun Lumajang tersebut.


Gus Naufal mengaku telah menerjunkan sejumlah satuan khusus Banser Lalu Lintas (Balantas) di sejumlah posko-posko tersebut. Menurutnya, meraka diambil dari sejumlah Satuan Koordinasi Rayon (Satkoryon) di berbagai kecamatan se-Kabupaten Lumajang.


"Kita buat shift tiga kali, per shift kita tugaskan 3 sampai 5 anggota Banser. Tugas kita hanya mengurai kepadatan arus lalu lintas, memberikan informasi soal Mudik, membagikan hidangan Takjil pada jam menjelang berbuka dan mengatur parkir," lanjutnya.


Menurut Gus Naufal, di beberapa posko juga menyediakan layanan vaksin Booster bagi para pemudik dan warga sekitar yang belum divaksinasi. Sehingga Banser diharap ikut meringankan tugas dari kepolisian dalam pelaksanaannya.


"Alhamdulillah, sejauh ini aman terkendali. Kami sangat berterima kasih kepada para Balantas yang ikut serta dalam giat pengamanan mudik lebaran tahun ini. Semoga ini dapat membantu mengurai kemacetan akibat tingginya arus mudik lebaran dan menurunkan resiko angka kecelakaan," tandasnya.


Tapal Kuda Terbaru