• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 25 April 2024

Tapal Kuda

Banser Lumajang Turunkan Ratusan Personil Amankan Malam Tahun Baru

Banser Lumajang Turunkan Ratusan Personil Amankan Malam Tahun Baru
Banser Lumajang Turunkan Ratusan Personil Amankan Malam Tahun Baru 2023. (Foto: NOJ/ Imam Malik Hakim)
Banser Lumajang Turunkan Ratusan Personil Amankan Malam Tahun Baru 2023. (Foto: NOJ/ Imam Malik Hakim)

Lumajang, NU Online Jatim
Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Lumajang menurunkan ratusan personil untuk mengamankan perayaan malam tahun baru 2023. Kegiatan ini dilaksanakan di berbagai tempat mulai jalan strategis di Kabupaten Lumajang hingga daerah pelosok.


Sekretaris Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Lumajang, Muhammad Farid Wazdi memaparkan, setiap Satuan Koordinasi Rayon (Satkoryon) Banser di berbagai kecamatan untuk mengatur lalu lintas dan mengamankan malam tahun baru. Mulai dari kecamatan paling Utara yakni Ranuyoso hingga perbatasan wilayah timur di Kecamatan Yosowilangun.


"Alhamdulillah, seluruh Satkoryon Banser sudah menurunkan personil. Satu kecamatan kita atur ada 10 personil Banser di jalan, sehingga semua jalan protokol kita sebar hampir 200 personil," katanya melalui sambungan telepon, Sabtu Malam (31/12/2022).


Menurutnya, tingkat pengaman dan kewaspadaan ini sudah diimbau jauh-jauh hari. Pihaknya menyebutkan, masing-masing Satkoryon sudah diintruksikan agar mulai pukul 18.00 WIB sudah terjun lokasi.


"Kami sudah kerja sama dengan semua Kapolsek se-Kabupaten Lumajang, agar Banser diikutkan dalam pengamanan tahun baru," tambahnya.


Ia mengatakan, kegiatan pengaman oleh Banser Lumajang ini merupakan giat amal bakti yang setiap pergantian tahun dilaksanakan. Hal tersebut agar warga merasa aman di jalan yang ingin liburan atau sekadar jalan-jalan, khususnya warga NU.


"Giat ini semata sebagai program amal bakti Banser Lumajang setiap tahun, sehingga bisa dilanjutkan tahun berikutnya," imbuhnya.


Dirinya pun menyampaikan, agar pengamanan yang dilaksanakan GP Ansor melalui Banser lebih masif lagi ke depan menunggu perintah untuk bergerak, terutama di tempat wisata atau rekreasi.


“Ke depan Banser harus masif lagi. Tanpa harus di perintah dan instruksi harus bergerak. Karena bakti itu yang harus dijalankan oleh setiap anggota Banser dan menjadi kewajiban masing-masing," tandasnya.


Tapal Kuda Terbaru