• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 8 Desember 2022

Tapal Kuda

Cerita Santri Genggong Rayakan Idul Adha di Mesir

Cerita Santri Genggong Rayakan Idul Adha di Mesir
Virda Syarifah, santri Pesantren Zainul Hasan Genggong Probolinggo yang merayakan Idul Adha 1443 H di Mesir. (Foto: NOJ/ Siti Nurhaliza)
Virda Syarifah, santri Pesantren Zainul Hasan Genggong Probolinggo yang merayakan Idul Adha 1443 H di Mesir. (Foto: NOJ/ Siti Nurhaliza)

Probolinggo, NU Online Jatim
Hari raya Idul Adha merupakan hari yang sangat ditunggu-tunggu oleh mahasiswa asal Indonesia di Mesir. Hal ini pula yang dilakukan Virda Syarifah, santri Pondok Pesantren Zainul Hasan Genggong Probolinggo yang saat ini melanjutkan pendidikannya di Mesir.


Mahasiswi semester dua jurusan Syari'ah Islamiyah di Universitas Al-Azhar, Mesir ini mengaku, bahwa perayaan hari raya Idul Adha di Mesir lebih besar dan lebih meriah dibandingkan hari raya Idul Fitri.


“Ini merupakan pengalaman pertama saya merayakan Idul Adha di Mesir. Perasaan saya sangat excited ketika melihat sapi-sapi kurban yang sangat besar,” kata Virda kepada NU Online Jatim, Ahad (10/07/2022).


Perempuan kelahiran 12 Agustus 2000 tersebut menuturkan, selain hewan sapi, penduduk di Mesir juga yang menunaikan kurbannya dalam bentuk unta, kambing, dan domba.


Ia mengatakan, ada perbedaan waktu pelaksanaan Idul Adha 1443 Hijriyah antara di Mesir yang jatuh pada Sabtu (09/07/2022) dan di Indonesia pada Ahad (10/07/2022) esoknya. Selain itu, suasana dan pengalaman Idul Adha di Mesir juga berbeda dengan di Indonesia.


Perempuan asal Lumajang itu mengatakan, selepas Shalat Ied di Indonesia biasanya melakukan halal bihalal dan silaturahim bersama keluarga. Namun, hal itu tidak dapat dilakukannya saat berada di Mesir.


“Kalau di sini halal bihalal dengan sesama teman. Hal ini yang bikin rindu keluarga Indonesia,” ungkapnya.


Namun demikian, ada pengalaman berkesan bagi Virda ketika merayakan hari raya Idul Adha 1443 Hijriyah di Mesir. Ia mengaku bertemu dengan selebriti Oki Setiana Dewi yang juga merayakan Idul Adha di Mesir.


“Kami tahu dari vlognya di youtube, karena dia sedang di Mesir selama satu bulan menemani anaknya sekolah. Ya, akhirnya kami bertemu,” pungkasnya.


Tapal Kuda Terbaru