• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 29 Juni 2022

Tapal Kuda

Inovasi Tulang Kambing, Mahasiswi Unzah Genggong Raih Medali Internasional

Inovasi Tulang Kambing, Mahasiswi Unzah Genggong Raih Medali Internasional
Mahasiswi Unzah Genggong, Probolinggo raih medali emas ajang Internasional. (Foto: NOJ/ Siti Nurhaliza)
Mahasiswi Unzah Genggong, Probolinggo raih medali emas ajang Internasional. (Foto: NOJ/ Siti Nurhaliza)

Probolinggo, NU Online Jatim

Lima Mahasiswi Universitas Islam Zainul Hasan (Unzah) Genggong, Problinggo kembali mengharumkan nama kampus di kancah Internasional. Kali ini, ia berhasil membawa pulang medali emas dalam kompetisi Youth International Science Fair Research Collaboration With Universitatea de Vest din Timișoara (UVT) Bulevardul Vasile Pârvan, Timișoara, Rumania.


Siti Halimatus Sa’diyah sebagai ketua tim, memaparkan hasil kajiannya tentang prospek tulang kambing sebagai bahan baku gelatin. Tidak hanya itu, tulang kambing berpotensi menjadi bahan baku alternatif bagi pemenuhan kebutuhan gelatin.


“Hasil penelitian ini sangat bermanfaat dan berhasil memukau para juri, mengingat kebutuhan akan gelatin saat ini hampir 100 persen dipenuhi oleh gelatin impor dari berbagai negara. Seperti China, Australia, Jepang, Amerika, dan beberapa negara Eropa,” jelasnya.


Perlombaan yang dilaksanakan secara daring pada tanggal 15 Maret 2022 itu masuk dalam kategori Social dan Innovation. Menurutnya, ajang ini sangat berkesan karena diikuti 673 tim dari 23 negara. Mereka berasal dari beberapa benua Eropa, Amerika, Australia, Afrika dan Asia.

 

Tim ini terdiri dari mahasiswi lintas jurusan. Selain Siti Halimatus Sa’diyah yang merupakan mahasiswi Tadris Bahasa Inggris, ada Siti Hanifa mahasiswi Pendidikan Agama Islam, Eva Maufiroh mahasiswi Tadris Matematika, Nur Aemi Aministia mahasiswi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, dan Dewi Sintawati mahasiswi Tadris Bahasa Indonesia.


Atas prestasi tersebut, Rektor Unzah Genggong Abd Aziz mengatakan, bahwa hal ini merupakan medali emas kebanggaan yang diperoleh kampus Unzah Genggong di ajang tingkat Internasional.


“Kami merasa bangga dan memberikan apresiasi kepada semua mahasiswi Unzah Genggong yang telah meraih prestasi membanggakan dan mengharumkan nama kampus di tingkat internasional. Ini prestasi yang sangat luar biasa,” katanya.

 

Ia mengatakan, keberhasilan ini tidak lepas dari persiapan dan pendampingan yang sudah dilakukan jauh-jauh hari. Baik oleh para peserta maupun pendampingan yang difasilitasi oleh kampus Unzah Genggong.


“Kita akan dukung terus dan memfasilitasi dengan baik agar mutiara-mutiara dari kampus Unzah tampil ke permukaan, dengan berlaga dalam semua kompetisi baik tingkat nasional maupun internasional,” tandasnya.


Tapal Kuda Terbaru