• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 28 September 2022

Tapal Kuda

Dampingi KH Muzakki Birrul Alim, Gus Ipong Kembali Terpilih Ketua NU Pasuruan

Dampingi KH Muzakki Birrul Alim, Gus Ipong Kembali Terpilih Ketua NU Pasuruan
Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

Pasuruan, NU Online Jatim

Konferensi Cabang (Konfercab) yang digelar Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) pada Sabtu-Ahad (19-20/09/2021) di 10 titik telah selsai. Permusyawaratan tertinggi di PCNU ini menghasilkan keputusan KH Imron Mutamakkin atau Gus Ipong kembali terpilih menjadi Ketua Tanfidziyah bersama KH Muzakki Birrul Alim sebagai Rais Syuriyah untuk masa khidmat 2021-2026.

 

Dalam Konfercab ini pemilihan Rais Syuriyah melalui mekanisme Ahlul Halli wal Aqdi (Ahwa). Sebanyak 19 Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) dan Ranting NU se-Kabupaten Pasuruan mengusulkan 5 anggota kiai untuk ditetapkan sebagai anggota Ahwa terlebih dahulu.

 

Hasilnya, ditetapkan 5 kiai anggota Ahwa yakni KH Muzakki Birul Alim, KH Fuad Nur Hasan, KH Mujib Imron, Habib Ridho Bafaqih, dan KH Mashudi Nawawi. Hingga akhirnya disetujui yang menjadi Rais Syuriyah adalah KH Muzakki Birrul Alim.

 

Sedangkan untuk pemilihan Ketua Tanfidziyah, Gus Ipong memperoleh dukungan 259 suara, sedangkan Abdullah Nasich Nashor atau Gus Nasikh mendapat 56 suara. Dengan demikian, Gus Ipong ditetapkan sebagai Ketua Tanfidziyah.

 

Selanjutnya dibentuk formatur 6 orang. Yaitu Rais Syuriah KH Muzakki Birul Alim, Ketua Tanfidyah Gus Ipong, dan Sekretaris Ahwa KH Mujib Imron, Ketua MWCNU Lekok, Ketua MWCNU Sukorejo, serta Ketua MWCNU Sidogiri.

 

Gus Ipong menegaskan bahwa beberapa program yang sudah tersusun di Periode sebelumnya, akan kembali dilanjutkan pada masa kepemimpinannya ke depan.

 

Di antaranya pembangunan Rumah Sakit Nahdhatul Ulama (RS NU),  ITS NU hingga berbagai program di bidang ekonomi, sosial sampai penanganan terhadap korban narkoba dan obat-obatan terlarang.

 

 

"Kami akan meneruskan program yang sudah tersusun dari periode sebelumnya. Seperti RS NU, ITSNU, peran NU di masyarakat di bidang ekonomi sampai bagaimana membantu menangani masyarakat yang berhubungan dengan narkotika," kata Gus Ipong dilansir ngopibareng.id, Senin (20/09/2021).

 

Penulis: Faisol

Editor: Romza


Editor:

Tapal Kuda Terbaru