• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 30 Juni 2022

Tapal Kuda

Dema STIB Banyuwangi Bergerak dalam Aksi Kemanusiaan Semeru Lumajang

Dema STIB Banyuwangi Bergerak dalam Aksi Kemanusiaan Semeru Lumajang
Mahasiswa STIB Cluring Banyuwangi terlibat dalam administrasi di Posma 1 NU Peduli Semeru. (Foto: NOJ/Vina)
Mahasiswa STIB Cluring Banyuwangi terlibat dalam administrasi di Posma 1 NU Peduli Semeru. (Foto: NOJ/Vina)

Banyuwangi, NU Online Jatim

Dewan Eksekutif Mahasiswa (Dema) Sekolah Tinggi Islam Blambangan (STIB) Cluring, Banyuwangi turun ke lokasi terdampak erupsi Gunung Semeru Lumajang dengan aksi kemanusiaan. Perwakilan mahasiswa STIB ini tergabung dalam relawan di Posma 1 NU Peduli Semeru MWCNU Candipuro, Lumajang. Pada kegiatan kali ini diikuti dari 8 perwakilan mahasiswa yang mendapatkan rekomendasi dari pihak kampus STIB Cluring, Banyuwangi.

 

Mereka membawa bentuk donasi meliputi uang tunai Rp 1,3 juta, 1 paket obat-obatan, 1 dus pakaian, 1 dus mie instan, 2 pack popok bayi, dan 2 dus air mineral. Donasi didapatkan dengan penggalangan dana di lampu merah Srono dan Benculuk, bantuan dari keluarga besar STIB Cluring Banyuwangi, serta donasi dari masyarakat Kecamatan Cluring

 

"Saya harap donasi yang kami bawa mampu untuk membantu saudara setanah air yang sedang mengalami musibah erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang,” Umi Kulsum, relawan mahasiswa STIB Cluring Banyuwangi, Kamis (16/12/2021).

 

Umi Kulsum juga menyatakan bahwa kegiatan kemanusiaan ini sangat penting untuk ditanamkan dalam diri mahasiswa sebagai rasa kepedulian terhadap sesama. Apalagi ada keluarga dari relawan yang terdampak musibah tersebut, maka para relawan tergerak untuk hadir dan membantu di sana.

 

"Kami jadikan aksi ini sebagai tambahan pengalaman dan pelajaran dalam kehidupan yang tidak bisa di dapatkan di bangku perkuliahan saja,” tambahnya.

 

Harapan relawan mahasiswa STIB dalam Posma 1 NU Peduli Semeru MWCNU Candipuro tidak hanya membantu meringankan korban yang terdampak erupsi semeru tetapi juga bisa terlibat bersinergi dengan pemerintah dalam kegiatan tanggap darurat, pemulihan, dan perencanaan mitigasi pasca bencana alam.

 

"Semoga pengabdian kami ini berlanjut sampai mampu bersinergi dengan pemerintah dalam meringankan beban masyarakat pasca bencana", ujar Muhammad Izzat Abdi, sekretaris Posma 1 NU Peduli Semeru MWCNU Candipuro.


Tapal Kuda Terbaru