• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 25 Juni 2022

Tapal Kuda

Gelar Kerja Sama, NU Bantu Tugas Pemerintah

Gelar Kerja Sama, NU Bantu Tugas Pemerintah
KH Yahya Cholil Tsaquf, Ketua PBNU. (Foto: NOJ/Mokh Faisol)
KH Yahya Cholil Tsaquf, Ketua PBNU. (Foto: NOJ/Mokh Faisol)

Pasuruan, NU Online Jatim
Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya bersama Sekretaris Jenderal (Sekjen) PBNU Saifullah Yusuf (Gus Ipul) bersilaturahim ke kantor Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Pasuruan, Kamis (19/05/2022).

 

Dalam kunjungan tersebut Gus Yahya mengatakan, hal yang perlu dipahami jika NU bekerja sama dengan pemerintah setempat maka menunjukkan bahwa NU membantu pemerintah untuk menunaikan tanggung jawabnya. Bukan meminta minta dan mengharapkan bantuan kepada pemerintah.

 

"Posisi seperti itu perlu dipahami. Karena untuk mengelola negara pemerintah pasti mengalami banyak kesulitan, sedangkan NU mempunyai kekuatan yang bisa membantu pemerintah," katanya.

 

Maka program yang bekerja sama dengan pemerintah seperti peremajaan sawit rakyat dengan luas kurang lebih 70-80 ribu hektar di seluruh Indonesia merupakan program pemerintah.

 

"Kita ini bukan ngemis. Karena tujuan didirikannya NU adalah menjaga agama, namun tujuan kita membangun Universitas Nahdlatul Ulama (UNU), Rumah Sakit Nahdlatul Ulama (RSNU) adalah ingin membantu pemerintah yakni menyediakan layanan kesehatan dan pendidikan bagi masyarakat," ujarnya.

 

Lebih lanjut Gus Yahya mengungkapkan, begitu juga ketika NU bekerja sama dengan pihak swasta adalah saling menguntungkan. Oleh karena itu jiwa itu perlu ditumbuhkan.

 

"Kerja sama yang bermartabat adalah sama-sama untung. Oleh karena itu menyikapi hal ini perlu sikap penuh percaya diri dan berpikir strategis," jelas Pengasuh Pondok Pesantren Raudlatut Thalibin, Rembang.


Tapal Kuda Terbaru