• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 3 Juli 2022

Malang Raya

Haul ke-5 KH Hasyim Muzadi, Gus Yahya: Jasanya Pimpin NU Cukup Besar

Haul ke-5 KH Hasyim Muzadi, Gus Yahya: Jasanya Pimpin NU Cukup Besar
Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya saat menghadiri Haul ke-5 KH Hasyim Muzadi. (Foto: NOJ/ Madchan Jazuli)
Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya saat menghadiri Haul ke-5 KH Hasyim Muzadi. (Foto: NOJ/ Madchan Jazuli)

Malang, NU Online Jatim

Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya menyebutkan, bahwa jasa KH Hasyim Muzadi dalam memimpin NU di era reformasi sangat besar. Hal itu disampaikan Gus Yahya saat menghadiri Haul ke-5 KH Hasyim Muzadi yang digelar di Pondok Pesantren Al Hikam, Kota Malang, Ahad (27/03/2022).


Gus Yahya mengungkapkan, Kiai Hasyim Muzadi adalah tokoh yang penting bagi NU. Disebutkan, bahwa NU berhutang begitu banyak jasa kepada Ketua Umum PBNU ke-4 tersebut.


"Istimewanya, beliau melakukan itu di tengah masa-masa pancaroba dan masa tidak menentu di 10 tahun pertama era reformasi. Ini luar biasa," kata Gus Yahya.


Menurut Gus Yahya, Kiai Hasyim Muzadi dalam kedudukannya sebagai Ketum PBNU waktu itu telah berhasil membangun konsolidasi yang lebih kuat di jajaran kepengurusan PBNU seluruh Indonesia.

 

Ia menyebutkan, bila diperhatikan secara seksama Kiai Hasyim Muzadi sesungguhnya memiliki kemampuan konsolidasi organisasi yang cukup kuat. Hal tersebut karena ia memulai Khidmah di NU mulai dari tingkatan paling dasar, yakni ranting.


“Hal inilah yang harus menjadi teladan bagi semua kader NU di seluruh Indonesia, bahkan dunia, sampai kapanpun,” ujar Gus Yahya yang merupakan kiai kelahiran tahun 1966 di Rembang, Jawa Tengah itu.


Gus Yahya menambahkan, selepas jadi pengurus di tingkat ranting, Kiai Hasyim Muzadi kemudian merengsek ke tingkatan kepengurusan yang lebih tinggi. Hingga akhirnya ia terpilih sebagai Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur.


Bentang proses yang cukup panjang inilah yang melahirkan sosok Kiai Hasyik Muzadi dengan kemampuan konsolidasi yang kuat. Sebab, ia kenyang dengan dinamika kader Nahdliyin mulai dari tingkatan bawah.
 


“Saya kira sulit ditemukan kader NU yang sama prosesnya dengan Kiai Hasyim Muzadi. Beliau adalah kader part exelent. Maka, kalau ditanya kualitas kader seperti apa yang patut diteladani, saya tegaskan seperti Kiai Hasyim Muzadi,” pungkasnya.


Malang Raya Terbaru