• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 30 Juni 2022

Tapal Kuda

Hari Pahlawan, SMP Ibnu Sina Lumajang Datangkan Veteran

Hari Pahlawan, SMP Ibnu Sina Lumajang Datangkan Veteran
Peltu M Toyip, saat mengisahkan perjuangannya dahulu kepada murid SMP Ibnu Sina Lumajang. (Foto: NOJ/ Sufyan Arif)
Peltu M Toyip, saat mengisahkan perjuangannya dahulu kepada murid SMP Ibnu Sina Lumajang. (Foto: NOJ/ Sufyan Arif)

Lumajang, NU Online Jatim

Momentum Hari Pahlawan Nasional dimanfaatkan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Ibnu Sina Lumajang untuk menumbuhkan semangat juang murid. Yakni dengan mendatangkan Veteran Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang ikut berjuang di Timor-timor dulu, yaitu Pembantu Letnan Satu (Peltu) M Toyip, Rabu (10/11).

 

Acara yang dipusatkan di gedung SMP Ibnu Sina itu mengusung tema ‘Pahlawanku Inspirasiku’. semua guru dan murid diwajibkan mengenakan pakaian khas pahlawan zaman dulu, serta terdapat suguhan drama perjuangan yang diperankan para guru.

 

Peltu M Toyib yang pernah bertugas di Batalyon 509 Jember juga menuturkan beberapa hal kepada generasi muda. Disebutkan, bahwa generasi muda hari ini harus bisa mensyukuri kemerdekaan yang diwariskan para pahlawan dengan terus menanamkan cinta tanah air.

 

"Cinta negara, mempertahankan negara dari para musuh bisa diwujudkan dengan belajar dengan giat, dan memiliki cita-cita yang tinggi," ungkapnya.

 

Dirinya juga berkisah saat dirinya harus rela meninggalkan keluarga demi berjuang mempertahankan kedaulatan dan stabilitas negeri di Timor-timor dan Ambon.

 

"Ketika tugas memanggil, maka harus siap meninggalkan keluarga bahkan harus siap meninggal dalam tugas. Semua itu dilakukan dengan ikhlas dan rasa cinta kepada negara," tegas pensiunan yang terakhir kali bertugas di Kodim 0821 Lumajang ini.

 

Sementara itu, Tri Wahyu Laksono Kepala Sekolah SMP Ibnu Sina mengatakan, dengan kegiatan tersebut diharapkan para murid terus mengingat dan meneladani pahlawan.

 

Ia pun senang karena acara tersebut disambut antusiame tinggi dari murid. "Respons anak-anak luar biasa antusias, terutama ketika mendengarkan cerita pengalaman Bapak Toyip saat bertugas dan bertempur di Timor-timor," pungkasnya.

 

Diketahui, SMP Ibnu Sina Lumajang merupakan salah satu unit pendidikan di bawah naungan Yayasan Nurul Masyithah Lumajang. Semua tenaga pengajar dan karyawannya merupakan Kader NU Lumajang.


Tapal Kuda Terbaru