• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 10 Desember 2022

Tapal Kuda

Semangat Bupati Lumajang Dipuji, Sibuk Masih Sempatkan Kuliah S3

Semangat Bupati Lumajang Dipuji, Sibuk Masih Sempatkan Kuliah S3
Bupati Lumajang H Thoriqul Haq saat bersama Wakil Kopertais IV, Saiful Bahar. (Foto: NOJ/ Sufyan Arif)
Bupati Lumajang H Thoriqul Haq saat bersama Wakil Kopertais IV, Saiful Bahar. (Foto: NOJ/ Sufyan Arif)

Lumajang, NU Online Jatim

Semangat mencari ilmu Bupati Lumajang H Thoriqul Haq atau Cak Thoriq patut diacungi jempol. Pasalnya, di tengah kesibukannya melayani masyarakat sebagai Bupati, dirinya masih meluangkan waktu kuliah S3.

 

Hal itu disampaikan Wakil Koordinator Perguruan tinggi Islam Swasta (Kopertais) Wilayah IV Surabaya, Saiful Bahar saat sambutan di acara peluncuran Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Miftahul Midad (MMI), Jumat (05/11).

 

Dikisahkan Saiful Bahar, dirinya bersama Bupati Lumajang sewaktu kuliah di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sunan Ampel (kini UINSA) Surabaya merupakan kawan satu kos. Ia memuji Cak Thoriq (panggilan akrab Bupati Lumajang) karena semangatnya dalam mencari ilmu.

 

"Bupati kita ini meskipun sibuknya luar biasa masih menempuh S3 di dua perguruan tinggi, yaitu Universitas Brawijaya Malang dan Universitas Malaya Malaysia," puji Bahar.

 

Bahar melanjutkan, bupati muda kelahiran 14 Desember 1977 itu bahkan menolak tawaran bantuannya mengerjakan tugas kuliah. Hal itu tentunya menambah ketakjuban Saiful Bahar akan sahabat karibnya tersebut.

 

Tentu, Bahar mendukung hal ini. Karena ada bupati muda melakukan inovasi danperbaikan yang tidak hanya mengandalkan filing politik, tapi juga melalui teori yang dipelajari.

 

“Tidak hanya sekedar mengejar titel, tapi memang benar-benar kuliah,” imbuhnya.

 

Sebelumnya, Cak Thoriq juga menceritakan perjuangannya sewaktu kuliah dulu bersama Saiful Bahar dan H Muslim, Kepala Kantor Kemenag Lumajang saat ini. Selain satu kos, ketiganya juga sering melakukan aksi bersama.

 

"Saya dulu Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), dan wakilnya saya H Muslim ini. Sedang yang jadi ketua kongres mahasiswa adalah Dr Bahar. Alhamdulillah, sekarang kami sama-sama berjuang di tempat masing-masing," pungkas Cak Thoriq.


Tapal Kuda Terbaru