• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 30 November 2022

Tapal Kuda

Hebat, 10 Santri Ponpes Bayt Al-Hikmah Pasuruan Lolos SNMPTN

Hebat, 10 Santri Ponpes Bayt Al-Hikmah Pasuruan Lolos SNMPTN
Ilustrasi santri belajar. (Foto: NOJ)
Ilustrasi santri belajar. (Foto: NOJ)

Pasuruan, NU Online Jatim

Yayasan Pondok Pesantren Bayt Al-Hikmah baru satu dekade berdiri. Namun, pesantren yang berada di Kecamatan Bugul, Kota Pasuruan, itu mampu mengantarkan siswa-siswi SMK dan SMA di sana lolos SNMPTN dan kuliah di perguruan tinggi bergengsi di Jawa Timur.

 

Termasuk pada SNMPTN tahun 2021 ini. Terdapat sepuluh siswa-siswi SMK dan SMA Ponpes Bayt Al-Hikmah yang lolos seleksi. Salah satunya ialah Ahmad Uwais, bungsu dari Pengasuh Ponpes Bayt Al-Hikmah, KH Idris Hamid bin Abdul Hamid, yang lolos masuk di Jurusan Agroteknologi Universitas Brawijaya (UB) Malang.

 

Sembilan santri Ponpes Bayt Al-Hikmah lainnya yang lolos SNMPTN ialah M Chaidar Lubabul Hikam diterima di UPN Veteran Surabaya jurusan Teknik Sipil, Sharif Muslim Al Farizi diterima di Unesa jurusan Manajemen, Dimas Putri Setyorini Agustin diterima di UB jurusan Ilmu Politik, dan Alya Yustisia Putri Irawana diterima di Unesa jurusan Ilmu Komunikasi.

 

Kemudian Wakhidah Rakhmani diterima di UB jurusan Teknik Kimia, Komala Listia diterima di UB jurusan Kehutanan, Labib Maftuch Aulawi diterima di UPN Veteran Yogyakarta, dan Ni’mah Afiyah diterima di UB jurusan Bioteknologi.

 

“Kemudian atasnama Putri Mulyani Chaniago diterima di Universitas Islam Negri Jakarta jurusan Ilmu Hubungan Nasional,” kata Alfan Syariffudin selaku Bimbingan Konseling (BK) putra kepada NU Online Jatim, Selasa (30/03/2021).

 

Ia mengatakan, mereka semua lolos SNMPTN karena mengamalkan seperti yang diajarkan pengasuh dan para guru di Bayt Al-Hikmah dalam belajar dan mengejar cita-cita, yaitu berikhtiar dengan sungguh-sungguh, berdoa, dan tawakkal.

 

Pengasuh Bayt Al-Hikmah putri, Nyai Kuni Zakiyah, bersyukur atas pencapaian santri-santrinya itu. “Doa dan rasa sukur kami untuk prestasi Bayt Al Hikmah ini yang mana diberikan takdir lulus proses seleksi SNMPTN 2021 sebanyak 30 persen, dari 35 yang didaftarkan bisa lolos 10 santri,” katanya dikutip dari akun Instagram pribadinya.

 

Penulis: Mokh Faisol

 

Editor: Nur Faishal


Tapal Kuda Terbaru