• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 10 Desember 2022

Tapal Kuda

Ikhtiar Muslimat NU Probolinggo Dongkrak UMKM di Wisata Bromo

Ikhtiar Muslimat NU Probolinggo Dongkrak UMKM di Wisata Bromo
Lokakarya Program Pembelajaran oleh PC Muslimat NU Kabupaten Probolinggo. (Foto: NOJ/ Siti Nurhaliza)
Lokakarya Program Pembelajaran oleh PC Muslimat NU Kabupaten Probolinggo. (Foto: NOJ/ Siti Nurhaliza)

Probolinggo, NU Online Jatim
Pimpinan Cabang (PC) Muslimat NU Kabupaten Probolinggo menggelar Lokakarya Program Pembelajaran guna mendongkrak pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di kawasan wisata Gunung Bromo. Kegiatan itu dipusatkan di Hotel Sukapura Permai, Kecamatan Sukapura, Probolinggo, Kamis (29/09/2022).


Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Probolinggo, Kiai Abdul Hamid mengatakan, untuk mendukung optimalisasi pemanfaatan jalan jalur PRIM ini ada beberapa hal yang harus ditingkatkan.


“Kami juga mengajak agar memanfaatkan jalan di sepanjang jalur PRIM ini dengan membuka usaha untuk peningkatan ekonomi masyarakat,” ujarnya.


Sementara Ketua PC Muslimat NU Kabupaten Probolinggo, Hj Nurhayati mengatakan, lokakarya program pembelajaran ini bertujuan untuk menyamakan persepsi dan menemukan solusi bersama dalam mendongkrak pariwisata dan UMKM di sepanjang jalur Provincial Road Improvement Maintenance (PRIM).


“Kegiatan ini merupakan ikhtiar kami dalam meningkatkan pariwisata dan UMKM di kawasan wisata Gunung Bromo agar semakin berdaya,” katanya.


Ia menambahkan, jalur PRIM yang merupakan jalan dari Program Hibah Jalan Daerah (PHJD) yang aman, nyaman, dan berkeselamatan tersebut harus memiliki dampak atau imbas bagi peningkatan UMKM dan wisatawan.


"Dengan itu, maka secara otomatis keberadaan jalur PRIM dan PHJD Kecamatan Tongas hingga Sukapura yang menjadi jalur utama para wisatawan menuju Gunung Bromo bisa meningkat,” pungkasnya.


Diketahui, kegiatan yang mengusung tema ‘Optimalisasi Pemanfaatan Jalan Jalur PRIM’ ini dihadiri oleh 65 peserta. Mereka terdiri dari unsur pengurus NU, Muslimat NU, Fatayat NU, GP Ansor, IPNU dan IPPNU serta pelaku UMKM dari Kecamatan Tongas, Lumbang, dan Sukapura yang tergabung dalam paguyuban UMKM Srikandi Bromo.


Selama acara berlangsung, mereka mendapatkan sejumlah materi tentang peningkatan pariwisata dan UMKM dari narasumber. Adapun narasumber dimaksud berasal dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) dan Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Diskopar) Kabupaten Probolinggo.


Tapal Kuda Terbaru