• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 8 Februari 2023

Tapal Kuda

Ini Tiga Fokus Program Kerja ISNU Kota Pasuruan

Ini Tiga Fokus Program Kerja ISNU Kota Pasuruan
Pelantikan PC ISNU Kota Pasuruan. (Foto: Istimewa)
Pelantikan PC ISNU Kota Pasuruan. (Foto: Istimewa)

PasuruanNU Online Jatim

Ketua Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) Kota Pasuruan, Jakaria Umro mencanangkan tiga fokus program kerja utama selama 1 periode 2022-2026. Tiga fokus program kerja ini berdasarkan hasil Rapat Kerja (Raker) setelah pelantikan PC ISNU Kota Pasuruan, Sabtu (19/11/2022) lalu.


Menurut Jaka, hal tersebut sesuai dengan arahan dari Ketua PCNU Kota Pasuruan, Gus Muhammad Nailurrochman atau Gus Amak saat Raker bersama seluruh Badan Otonom (Banom) NU di Kota Pasuruan.


“Ada tiga sesuai arahan Gus Amak. Pertama mengembangkan kompetensi anggota sesuai dengan bidangnya, kedua mengembangkan kompetensi anggota dalam penelitian, dan ketiga mengadakan pelatihan pendampingan untuk Badan Pengurus Harian (BPH),” terangnya, Selasa (22/11/2022).


Pengembangan kompetensi anggota, lanjut Jaka, lebih ditekankan pada kegiatan penelitian serta pengabdian. Sebab ISNU merupakan sekumpulan kader yang diyakini memiliki intelektualitas tinggi, sehingga mumpuni untuk mengadakan kegiatan riset demi mengupayakan penyelesaian permasalahan-permasalahan yang terjadi di masyarakat, khususnya Kota Pasuruan.


“Kader ISNU terdiri dari beragam lulusan sarjana dengan fokus keilmuan yang berbeda-beda. Maka kami akan mengadakan kegiatan pelatihan metodologi penelitian praktis agar anggota dapat mengembangkan potensi disiplin ilmunya masing-masing,” imbuh dia.


Hasil penelitian tersebut nantinya akan dijadikan pedoman yang dikemas dalam bentuk laporan maupun buku.


Selain penelitian, lanjut Jaka, program unggulan yang tetap dilanjutkan dari periode sebelumnya ialah pendampingan sertifikasi halal bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).


Sebelum program kerja itu dilaksanakan, pihaknya terlebih dahulu mengadakan pelatihan Pendamping Proses Produk Halal (PPPH) di bawah naungan Lembaga Solusi Halal Pengurus Wilayah (PW) ISNU Jawa Timur yang bekerja sama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia.


“Alhamdulillah untuk wilayah Kota Pasuruan yang daftar sebanyak 60 orang dan yang lulus 38 orang. Itu sudah terbagi menjadi 4 wilayah sesuai dengan kecamatannya,” kata Jaka.


Setelah dinyatakan secara resmi menjadi Ketua PC ISNU Kota Pasuruan untuk 4 tahun ke depan, Jaka mengaku tidak percaya sebab dari awal tidak ada ambisi apa pun untuk menempati jabatan sentral. Ia hanya berharap dapat memberikan kontribusi semaksimal mungkin sesuai bidang keilmuan yang digeluti.


Editor:

Tapal Kuda Terbaru