• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 27 September 2022

Tapal Kuda

IPNU-IPPNU Jember Siap Sosialisasi Moderasi Beragama di Lingkungan Pelajar

IPNU-IPPNU Jember Siap Sosialisasi Moderasi Beragama di Lingkungan Pelajar
PC IPNU-IPPNU saat diskusi soal moderasi beragama dengan Kemenag Jember. Foto: Istimewa
PC IPNU-IPPNU saat diskusi soal moderasi beragama dengan Kemenag Jember. Foto: Istimewa

Jember, NU Online Jatim

Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Jember silaturahim ke Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Jember pada Rabu, (25/05/2022). Silaturahim tersebut berlangsung di Kantor Kemenag Kabupaten Jember.


Rombongan PC IPNU-IPPNU ini diterima oleh Didik Kurniawan, Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam Kemenag Jember.


Kegiatan ini dilakukan dalam rangka menjalin ukhuwah dan saling berkolaborasi serta bersinergi untuk menyelesaikan problematika keberagaman agama yang ada di lingkungan pelajar. 


"Anggota kita saat ini banyak yang sedang menempuh pendidikan di luar sana dengan lingkungan yang majemuk dan keberagaman agama ataupun aliran, sehingga perlu kiranya kita sharing ilmu dan bersinergi dengan Kemenag bagaimana memberikan pemahaman yang baik kepada mereka (anggota IPNU-IPPNU), seperti halnya konsep moderasi bergama yang sedang difokuskan Kemenag," kata Ketua PC IPPNU Jember Lucky Dwi Handayani.


Menurutnya, konsep moderasi beragama yang baik dan benar harus mulai ditanamkan sejak dini, karena  pemuda saat ini merupakan  generasi yang akan meneruskan perjuangan suatu saat nanti. 


"Para pelajar dan pemuda harus kita berikan pemahaman moderasi beragama dengan baik dan benar, karena terkadang kita salah dalam memahami moderasi agama sehingga terlalu berlebihan," ungkap Lucky.


Sementara itu, Didik Kurniawan menjelaskan, moderasi beragama adalah sikap atau cara pandang perilaku beragama yang moderat.


"Moderasi bergama itu pandangan kita terhadap agama lain, bukan berarti membawa agama kita untuk sama dengan agama lain," jelasnya. 


Ia berharap PC IPNU-IPPNU Jember semangat serta sungguh-sungguh dalam belajar dan memahami Ajaran  Ahlussunnah wal Jama'ah. Tak hanya itu, tetapi juga menyebarkan terhadap masyarakat luas. 


"Karena ajaran yang diajarkan Ahlussunnah wal Jamaah itulah yang merupakan konsep moderasi beragama yang sesungguhnya, dan bagi IPNU-IPPNU menjadi moderat itu mengenalkan pada masyarakat luas bahwa dirinya adalah orang NU. Tunjukkan bahwa didalam beragama kita harus bersikap tengah-tengah, tidak condong kiri dan condong kanan," tandasnya.


Ia mengungkapkan, upaya Kemenag dalam mewujudkan moderasi beragama di lingkungan pendidikan ialah dengan memberikan bimbingan kepada pengelola sekolah baik guru ataupun staf  tentang konsep moderasi beragama. 


"Alhamdulillah sudah kami lakukan bimbingan terhadap beberapa aparat sekolah tentang moderasi beragama, sehingga nantinya bisa diajarkan dan diterapkan kepada muridnya," jelas Didik. 


Editor:

Tapal Kuda Terbaru