• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 28 Januari 2023

Tapal Kuda

Kawal Penghafal Al-Qur’an, PSQQ Unzah Bina Pondok Pesantren

Kawal Penghafal Al-Qur’an, PSQQ Unzah Bina Pondok Pesantren
Santri penghafal Al-Qur'an binaan PSQQ Unzah. (Foto: NOJ/Siti Nurhaliza)
Santri penghafal Al-Qur'an binaan PSQQ Unzah. (Foto: NOJ/Siti Nurhaliza)

Probolinggo, NU Online Jatim

Pusat Studi Al-Qur’an dan Qiroatul Kutub (PSQQ) Universitas Islam Zainul Hasan (Unzah) Genggong, Kraksaan, Kabupaten Probolinggo, memberikan pengawalan khusus kepada 50 santri penghafal Al-Qur’an yang ada di pondok pesantren. Kegiatan itu bekerja sama dengan Pondok Pesantren Robithatul Qur’an Prasi Gading.

 

Ustadz Nuramin, Direktur PSQQ Unzah, mengatakan Program Tahfidzul Qur’an ini akan berjalan selama enam tahun, mulai dari jenjang Madrasah Tsanawiyah (MTs) sampai lulus Madrasah Aliyah (MA).

 

“Membaca, memahami, menghafalkan, mengamalkan, serta mengajarkan Al-Qur’an adalah langkah panjang yang harus ditempuh demi lahirnya para generasi Qur’ani,” ungkapnya kepada NU Online Jatim, Kamis (20/01/2022).

 

Abd Aziz, Rektor Unzah, turut memberikan pengarahan dan beberapa pesan. “Dosen atau mahasiswa harus kreatif dan inovatif untuk mengembangkan pesantren binaan Unzah yang akan didatangi ataupun untuk program yang akan dibuat,” harapnya.

 

Setelah sampai di pesantren tujuan, Aziz berharap agar selalu melakukan observasi terkait program yang sudah berjalan maupun yang akan dikerjakan. “Kerja sama ini diharapkan bisa menjawab kebutuhan pondok pesantren binaan Unzah di seluruh wilayah Jawa Timur,” tandasnya.


Tapal Kuda Terbaru