• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 7 Februari 2023

Tapal Kuda

Ketua NU Pasuruan Jelaskan Nikmat Kedamaian pada Nahdliyin

Ketua NU Pasuruan Jelaskan Nikmat Kedamaian pada Nahdliyin
KH Imron Mutamakkin, Ketua PCNU Kabupaten Pasuruan. (Foto: NOJ/Mokh Faisol)
KH Imron Mutamakkin, Ketua PCNU Kabupaten Pasuruan. (Foto: NOJ/Mokh Faisol)

Pasuruan, NU Online Jatim

Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Pasuruan, KH Imron Mutamakkin mengatakan, kedamaian dan kerukunan umat beragama saat ini merupakan anugerah yang luar biasa.


Bahkan, Gus Ipong sapaan akrabnya menyebut nikmat kedamaian dan kerukunan umat beragama layaknya nikmat iman, Islam dan langsung mengenal organisasi NU.


"Jika sudah damai dan rukun, maka jangan membawa nama agama atas nama moderasi beragama," ujarnya saat mengisi acara istighosah rutin PCNU Kabupaten Pasuruan di Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Kejayaan, Kabupaten Pasuruan, Jum'at (20/01/2023).


Menurutnya, nikmat Islam adalah kenikmatan beribadah kepada Allah seperti halnya istighosah ini merupakan bentuk mensyukuri nikmat Islam, bahkan istighosah merupakan salah satu bentuk mempertahankan Ahlussunah Wal Jama'ah (Aswaja).


"Istighosah merupakan bentuk jihad fisabilillah di zaman sekarang, karena bisa mempersatukan umat khususnya umat Islam," terangnya.


Lebih lanjut, nikmat iman dan Islam adalah satu kesatuan yang utuh. Hal itu karena penduduk Indonesia bisa bebas menjalankan ibadahnya sesuai dengan kepercayaan masing-masing, termasuk umat Islam.


"Landasan kehidupan berbangsa dan bernegara yang termaktub dalam Pancasila dan NU di bentuk untuk untuk membentengi ajaran Aswaja sendiri," tuturnya.


“Maka bersyukurlah menjadi warga Indonesia khususnya warga NU karena kalian sudah terlahir di lingkungan yang damai dan tentram,” tambahnya.


Tapal Kuda Terbaru