• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 7 Februari 2023

Tapal Kuda

ISNU Pasuruan Kenalkan 3 Program Unggulan di NU Jatim Award

ISNU Pasuruan Kenalkan 3 Program Unggulan di NU Jatim Award
PC ISNU Kabupaten Pasuruan saat presentasi nominasi NU Jatim Award. (Foto: NOJ/ Mokh Faisol)
PC ISNU Kabupaten Pasuruan saat presentasi nominasi NU Jatim Award. (Foto: NOJ/ Mokh Faisol)

Pasuruan, NU Online Jatim

Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) Kabupaten Pasuruan mengenalkan tiga program unggulan garapannya. Hal itu disampaikan saat presentasi nominasi NU Jatim Award yang dipusatkan di Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa), Ahad (22/01/2023).


Adapun tim presentasi perwakilan PC ISNU Kabupaten Pasuruan pada ajang NU Jatim Award terdiri dari tiga orang. Yakni, Ketua PC ISNU Kabupaten Pasuruan Ahmad Adip Muhdi, serta Wakil Ketua PC ISNU Kabupaten Pasuruan Fauzi Hamzah dan Imaduddin.


Ketua PC ISNU Kabupaten Pasuruan Ahmad Adip Muhdi mengatakan, program unggulan ISNU Kabupaten Pasuruan pertama meliputi, diklat kesarjanaan, publikasi, penerbitan buku, dan apresiasi penghargaan kepada mahasiswa terbaik di Pasuruan.


"Karena untuk mewujudkan sarjana yang unggul maka calon sarjana harus dibekali dengan metodologi penulisan dan metodologi penelitian,"ujarnya.


Menurutnya diklat metodologi penelitian perlu diajarkan kepada mahasiswa, khususnya mahasiswa tingkat akhir karena penting bagi mereka sebagai bekal dalam pembuatan skripsi.


"Banyak mahasiswa yang tidak mengetahui jenis metode penelitian apa yang mereka pilih untuk membuat penelitian tersebut," ucapnya.


Adib mengatakan, tugas para dosen atau guru tidak hanya mengajar, akan tetapi melakukan pengabdian kepada masyarakat, salah satunya adalah penelitian. Penelitian yang baik tidak hanya berhenti pada laporan hasil, namun juga dalam bentuk artikel ilmiah yang valid dan dapat diakses oleh masyarakat luas.


"Ketika seorang sudah menjadi dosen, menulis artikel ilmiah di jurnal itu hal yang wajib," ujar alumni Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya tersebut.


Dirinya menyebutkan, bakat menulis merupakan kemampuan yang perlu diasah setiap saat agar berkembang dan lebih baik lagi. "Dan, untuk menggali potensi guru atau dosen maka perlu diadakan pelatihan kepenulisan, serta tindak lanjut agar guru bisa menemukan potensinya," katanya.


Program lain PC ISNU Kabupaten Pasuruan ialah apresiasi kepada mahasiswa berprestasi di perguruan tinggi Pasuruan. Hal itu dilakukan agar wisudawan-wisudawati lebih termotivasi dalam studinya di perguruan tinggi.


"Ini adalah salah satu cara ISNU untuk mengapresiasi wisudawan-wisudawati terbaik agar terus semangat menuntut ilmu dimana pun berada," tandasnya.


Tapal Kuda Terbaru