• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 25 Juni 2022

Tapal Kuda

KH Ma’ruf Amin Jelaskan Islam Nusantara di Podcast Deddy Corbuzier

KH Ma’ruf Amin Jelaskan Islam Nusantara di Podcast Deddy Corbuzier
Podcast YouTube Deddy Corbuzier bersama Wakil Presiden RI, KH Ma'ruf Amin. (Foto: NOJ/Vina YS)
Podcast YouTube Deddy Corbuzier bersama Wakil Presiden RI, KH Ma'ruf Amin. (Foto: NOJ/Vina YS)

Banyuwangi, NU Online Jatim

Podcast Deddy Corbuzier lagi-lagi mengundang tokoh masyarakat yang menarik perhatian. Kali ini pada kanal YouTube yang diunggah 4 Januari mengundang bintang tamu Wakil Presiden RI, KH Ma'ruf Amin. 
 

Menariknya, Kiai Ma'ruf bercerita bahwa ada banyak negara yang ingin belajar tentang menjaga keutuhan bangsa melalui toleransi yang digaungkan Islam di Indonesia.
 

"Banyak negara yang kagum tentang tradisi toleransi di Indonesia, tetapi kita tidak menyadari bahwa kita menjadi sorotan di berbagai negara," katanya, Selasa (04/01/2022).
 

Salah seorang anggota Ahlul Halli wal Aqdi (Ahwa) pada Muktamar ke-34 NU tersebut menjelaskan bahwa salah satu negara yang tertarik yakni Italia. Yang akan dilakukan  hendak membuat film Islam Nusantara. 
 

“Produser film tertarik melihat suku Badui di Banten yang tidur nyenyak padahal sekitarnya tinggal orang-orang muslim,” jelasnya.
 

Demikian pula candi Borobudur di Jawa Tengah yang sekelilingnya orang Islam, masyarakat Hindu di Bromo yang hidup berdampingan secara rukun dengan muslim.
 

"Sekjen dewan fuqaha Mesir juga tertarik untuk belajar Islam Nusantara di Indonesia. Maka dari itu, sudah zamannya sekarang untuk menterjemahkan Islam Nusantara dalam bahasa Arab," ungkapnya.
 

Menurutnya, Islam Nusantara adalah implementasi dari Pancasila yang sudah disepakati oleh seluruh rakyat Indonesia. Negara Kesatuan Republik Indonesia atau NKRI adalah Islam, seperti halnya Nabi Muhammad yang membuat kesepakatan di Madinah hanya saja konteksnya menyesuaikan dengan keadaan yang ada. 
 

“Hal ini membuat Indonesia menjadi negara paling toleran di dunia,” tegasnya.
 

Dalam pandangannya, Pancasila dan NKRI tidak bisa diubah. Demikian pula berkeyakinan banyak anak muda yang mau menjaga keutuhan NKRI dan mengamalkan Pancasila.
 

Menanggapi hal itu, Deddy Corbuzier mengatakan tidak hanya dalam hal toleransi, tetapi produk Indonesia juga mampu bersaing di kancah internasional. Seperti saat ia melakukan perjalanan ke luar negeri dan menemukan banyak produk Indonesia yang dijual di sana.
 

"Pengalaman saya ke luar negeri banyak produk Indonesia yang dijual dan penjual mengatakan karena mencari kualitas produk terbaik," pungkas pemilik podcast Close the Door tersebut.


Editor:

Tapal Kuda Terbaru