• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 23 April 2024

Tapal Kuda

Kiai Misbah Minta Mahasiswa Wujudkan Tujuan Strategis SDGs

Kiai Misbah Minta Mahasiswa Wujudkan Tujuan Strategis SDGs
Seminar "SDGs dari Agenda Global ke Aksi Lokal Strategi dan Inovasi”. (Foto: NOJ/Wildan)
Seminar "SDGs dari Agenda Global ke Aksi Lokal Strategi dan Inovasi”. (Foto: NOJ/Wildan)

Jember, NU Online Jatim

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) bersama Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) Universitas Islam Jember (UIJ) melangsungkan pelantikan pengurus di Aula Miftahul Ulum Universitas Islam Jember, Selasa (27/02/2024). Acara pelantikan berlangsung secara khidmat dengan serah terima jabatan.

 

Seusai pelantikan, kegiatan dilanjutkan dengan seminar yang bertajuk “SDGs dari Agenda Global ke Aksi Lokal Strategi dan Inovasi”.


KH. Misbahussalam Ketua Pembina Pusat Pengembangan Kampung SDGs Indonesia (PPKSI) meminta mahasiswa menjalankan peranan strategis untuk mewujudkan SDGs. 


“Penguruan tinggi khususnya para mahasiswa punya peranan strategis dalam mendorong pencapaian tujuan SDGs melalui program yang ada seperti nagang, PPL, KKN dan Kuliah Merdeka. Mereka bisa langsung terjun di tengah kampung-kampung,” katanya.

 

Dirinya mengajak para mahasiswa untuk terjun langsung ke tengah-tengah masyarakat melalui program kampus untuk mewujudkan 17 misi besar di dalam program Kampung SDGs.


“Setidaknya ada 17 tujuan dalam SDGs. Maka dari itu, penting peranan dari mahasiswa untuk terjun membantu masyarakat di kampung-kampung sebagai miniatur ketercapaian. Kemudian berlanjut ke tingkat desa hingga berskala besar dan menyeluruh nantinya,” ungkapnya.


Pengasuh yayasan Radlah Darus Salam tersebut juga menjelaskan tujuan dari program SDGs yaitu untuk menolong perkembangan masyarakat yang sejalan dengan tujuan Islam.

 

“Tujuan SDGs yang ditetapkan oleh PBB sejalan dengan maqashid syariah, sehingga bisa kita terapkan untuk kemajuan masyarakat terlebih di bidang ekonomi,” terangnya.


Ia menjelaskan bahwa Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) dan Pembina Pusat Pengembangan Kampung SDGs Indonesia (PPKSI) di bawah bimbingan PBNU telah menerbitkan tiga buku untuk mewujudkan langkah program SDGs kepada masyakat.

 

"Di antaranya Fikih SDGs, Pesantren SDGs serta Kontribusi Pesantren dalam Pencapaian Tujuan Pembangunan
Berkelanjutan," ujarnya.


Kiai Misbah juga memaparkan Kampung SDGs yang ia gagas bersama para dosen penguruan tinggi dan mahasiswa telah diresmikan oleh Bupati Jember. "Kampus SDGs yang kami rintis di Jember terus berkembang hingga hingga saat ini," pungkasnya.

 

Penulis: Wildan Miftahussurur


Tapal Kuda Terbaru