• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 1 Oktober 2022

Tapal Kuda

Yudisium di Universitas Islam Jember Diwarnai Testimoni Baca Kitab Kuning

Yudisium di Universitas Islam Jember Diwarnai Testimoni Baca Kitab Kuning
Usai yudisium di Fakultas Fatbiyah UIJ. (Foto: NOJ/Aryudi AR)
Usai yudisium di Fakultas Fatbiyah UIJ. (Foto: NOJ/Aryudi AR)

Jember, NU Online Jatim 
Fakultas Tarbiyah Universitas Islam Jember (UIJ)  menggelar Yudisium XXIV di aula Miftahul Ulum, kampus 1, Jalan Kiai Mojo, Kaliwates Jember, Rabu (09/02/2022). 
 

Sebanyak 120 mahsiswa dinyatakan lulus dalam Rapat Terbuka Senat Yudisium XXIV tersebut. Mereka berasal dari Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) dan Pendidikan Agama Islam, fakultas tarbiyah.
 

Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Tarbiyah UIJ, Jasuli meminta kepada para peserta yudisium agar berdakwah kepada orang lain harus berbanding lurus dengan dakwah kepada dirinya. Artinya, alumni UIJ tidak hanya bisa berdakwah, mengajak orang lain rajin ibadah, berbuat baik, dan sebagainya, tapi pada saat yang sama juga terus mengajak dirinya sendiri untuk hal serupa. 
 

“Idealnya berdakwah kepada diri sendiri dulu, perbaiki akhlak kita dulu, baru ke orang lain. Quu anfusakum wa ahlikum naaro (jagalah diri dan keluargamu dari api neraka),” katanya.
 

Selain itu, alumnus Pondok Pesantren Maqnaul Ulum Sukowono Jember itu meminta peserta yudisium agar tidak takut untuk berbuat sesuatu asalkan baik dalam pandangan Islam. Katanya, semua tindakan tentu tak sunyi dari masalah. 
 

“Tapi jangan lupa bahwa persoalan itu adalah ilmu. Persoalan yang menimpa kita sesungguhnya adalah ilmu, karena dari situ kita bisa belajar dan tambah dewasa,” tegasnya.
 

Yang menarik, dalam yudisium tersebut juga digelar testimoni pembacaan kitab kuning Syarah Fathul Qorib oleh beberapa mahasiswa. Hal ini untuk mengabarkan bahwa alumni fakultas tarbiyah juga mumpuni di bidang kitab kuning.
 

“Kitab kuning juga menjadi atensi kami di UIJ,” ujar Jasuli usai yudisium.
 

Acara tersebut diakhiri dengan pemotongan tumpeng oleh Jasuli, dan orang pertama yang menerima adalah Wakil Rektor 1 UIJ, Muh Qurtubi.

 

Penulis: Aryudi A Razaq


Tapal Kuda Terbaru