• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 28 Januari 2023

Tapal Kuda

Kick Off 1 Abad NU Bondowoso, Gus Salam Ingatkan Tantangan Kader

Kick Off 1 Abad NU Bondowoso, Gus Salam Ingatkan Tantangan Kader
Mujahadah untuk NU dan Bangsa dalam rangka Kick Off 1 Abad NU oleh PCNU Bondowoso. (Foto: NOJ/ Muhammad N H)
Mujahadah untuk NU dan Bangsa dalam rangka Kick Off 1 Abad NU oleh PCNU Bondowoso. (Foto: NOJ/ Muhammad N H)

Bondowoso, NU Online Jatim
Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Bondowoso melaksanakan Kick Off Satu Abad NU Bondowoso yang diisi dengan Mujahadah untuk NU dan Bangsa. Kegiatan itu dipusatkan di halaman Masjid KH Hasyim Asy’ari, Bondowoso, Ahad (21/08/2022) dini hari.


Kick Off Satu Abad NU yang diawali dengan pembacaan Sholawat Badar itu dibuka langsung oleh Wakil Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jatim KH Abdussalam Shohib, yang didampingi oleh Rais PCNU KH Anwar Syafi’i dan Ketua PCNU Bondowoso KH Abdul Qadir Syam.


Dalam kesempatan ini, KH Abdussalam Shohib atau Gus Salam menuturkan tantangan kader tidak sama di setiap zamannya. Sehingga, adaptasi kader terhadap arus zaman penting dilakukan agar tidak ketinggalan.


“Seorang kader tidak boleh lepas dari landasan spiritualitas dan rasionalitas. Sebagaimana acara ini dilaksanakan yang juga berlandaskan spiritualitas,” ujar Ketua Panitia 1 Abad NU Jawa Timur ini.


Gus Salam mengaku bangga, terenyuh, dan mengapresiasi atas terselenggaranya acara ini. PCNU Bondowoso dengan sigap mengintruksikan kepada jajaran lembaga di bawahnya untuk hadir pada waktu-waktu yang seharusnya ada di rumah untuk istirahat.


“Saya bangga, kalian hadir kesini pada dini hari mengorbankan waktu, energi serta berbiaya sendiri. Demi untuk melaksanakan titah dari pimpinan NU dalam rangka 1 Abad NU,” kata Koordinator Bidang Pengkaderan PWNU Jawa Timur itu.


Untuk itu, dirinya berpesan kepada seluruh hadirin, hal-hal yang menjadi keinginan besar NU harus dilandasi dengan kekompakan, kebersamaan, dan bergandengan tangan. Bahkan, salah satu indikatornya taat kepada pemimpin.


“Hanya kekompakan dan kebersamaan inilah semuanya bisa diraih,” ungkap Cucu KH Bisri Syansuri, Denanyar, Jombang ini.


Sementara Ketua PCNU Bondowoso KH Abdul Qadir Syam menegaskan, Nahdliyin hendaknya selalu menampakkan identitas dirinya sebagai pejuang masyarakat dalam melestarikan ajaran Ahlussunnah wal Jamaah An-Nahdliyah.


Selain itu, Kiai Qadir mendorong agar kader penggerak mampu merefleksikan perjuangan ulama dan muassis NU di masa dahulu yang tidak kenal waktu untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.


“Saya yakin kader penggerak, jam-jam segini (Pukul 02.00 WIB) tidak tidur. Kalau dulu saya pikir, mereka sudah tidak kenal waktu memperjuangkan kemerdekaan bangsa ini,” kelakarnya.


Acara yang dihadiri oleh ratusan Kader Penggerak NU Kabupaten Bondowoso itu mengusung tema “Satu Abad NU Menjaga Jadad dalam Tekad NKRI Berdaulat”. Dengan dilaksanakannya kick off tersebut, maka 34 program yang akan dilaksanakan pada agenda 1 Abad NU sudah resmi dibuka.


Penulis: Muhammad N H


Tapal Kuda Terbaru