• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 10 Desember 2022

Tapal Kuda

LAZISNU Situbondo Bantu Pelaku Usaha Alat Perajang Singkong

LAZISNU Situbondo Bantu Pelaku Usaha Alat Perajang Singkong
Penyerahan alat perajang singkong oleh LAZISNU Situbondo kepada UPZIS Sumberanyar, Mlandingan. (Foto: NOJ/ Muhammad Fathurrahman P)
Penyerahan alat perajang singkong oleh LAZISNU Situbondo kepada UPZIS Sumberanyar, Mlandingan. (Foto: NOJ/ Muhammad Fathurrahman P)

Situbondo, NU Online Jatim

Pengurus Cabang (PC) Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Situbondo memberikan bantuan mesin alat perajang singkong. Bantuan tersebut diberikan kepada pelaku Unit Pengelola Zakat, Infaq dan Shadaqah (UPZIS) Sumberanyar, Kecamatan Mlandingan, Situbondo, Selasa (15/03/2022).


Bantuan yang diberikan di kantor Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Situbondo ini dilakukan sebagai wujud perhatian kepada pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan merealisasikan salah satu program LAZISNU bidang pemberdayaan ekonomi.


“Kami akan terus berupaya untuk meningkatkan kesejahteraan dengan membantu, mendukung, dan menjadikan pelaku usaha sebagai stekholder kemitraan binaan dari LAZISNU,” ujar KH Hamim, Penasihat LAZISNU Situbondo.


Diceritakan, bahwa disela-sela turba PCNU Situbondo ke Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Mlandingan akhir pekan yang lalu, ada salah satu pelaku usaha kripik singkong yang menyampaikan bahwa dirinya masih memproduksi menggunakan alat manual.


Spontan pernyataan itu direspons positif dan langsung direalisasikan oleh Kiai Hamim. “Untuk mesin alat perajang kripik silahkan bisa diambil ke kantor LAZISNU hari Selasa dan langsung serah terima,” jawabnya tegas kala itu.


Selain itu, upaya ini dilakukan sebagai salah satu bentuk apresiasi LAZISNU Situbondo kepada UPZIS tingkat Ranting. Serta, sebagai langkah kongkrit dalam mengakomodir kebutuhan UPZIS di akar rumput.


“Semoga menjadi semangat awal dan menular ke ranting lainnya untuk segera dibentuk UPZIS,” kata Kiai Hamim yang juga Ketua Himpunan Pengusaha Santri (Hipsi) Situbondo ini.


Di tempat yang sama, Evi Yuli Susanti selaku Pengurus LAZISNU setempat berharap, pemberian bantuan alat perajang singkong ini mampu meningkatkan jumlah produksi usaha yang bersangkutan.


“Semoga dengan adanya bantuan alat ini, dapat mempermudah kerja para produsen kripik di Mlandingan, serta dapat meningkatkan jumlah produksi setiap harinya,” ungkapnya.


Sementara Ustadz Sahla selaku Ketua UPZIS Mlandingan yang menerima bantuan mengaku, dirinya sangat bersyukur bisa mendapatkan bantuan berupa alat perajang potong singkong tersebut.
 


“Barakallah, terima kasih kepada PCNU Situbondo khususnya kepada LAZISNU yang sudah memberikan bantuan berupa alat perajang singkong ini. Insyaallah, akan kami gunakan sebaik mungkin,” tandasnya.


Tapal Kuda Terbaru