• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 27 September 2022

Tapal Kuda

Madrasah di Probolinggo Kenalkan Tokoh NU Lewat Lukisan

Madrasah di Probolinggo Kenalkan Tokoh NU Lewat Lukisan
Siswa Madrasah Aliyah Miftahul Ulum Probolinggo saat menunjukkan lukisan tokoh NU. (Foto: NOJ/ Siti Nurhaliza)
Siswa Madrasah Aliyah Miftahul Ulum Probolinggo saat menunjukkan lukisan tokoh NU. (Foto: NOJ/ Siti Nurhaliza)

Probolinggo, NU Online Jatim 

Madrasah Aliyah Miftahul Ulum An-Nur, Desa Kropak, Kecamatan Bantaran, Kabupaten Probolinggo, punya cara menarik untuk mengenalkan tokoh-tokoh Nahdlatul Ulama kepada anak didik, yakni dengan melalui media lukisan.

 

Madrasah yang berada di lingkungan Pondok Pesantren Miftahul Ulum ini menggelar lomba melukis dan mewarnai tokoh-tokoh NU dalam Class Meeting yang bertajuk ‘Pengenalan Tokoh-Tokoh NU Sejak Dini’, Selasa (11/01/2022).

 

Kepala MA Miftahul Ulum Muhammad Nawawi mengatakan, kegiatan digelar didorong atas kondisi anak didik dan santri yang kurang mengenal tokoh dan pendiri NU. 

 

“Selain itu, juga karena pembelajaran selama ini kurang menyentuh anak didik,” terang pria yang didapuk sebagai salah satu dewan juri ini.

 

Oleh karenanya, dengan media melukis ini diharapkan anak didik lebih menjiwai dan merasa lebih berinteraksi dengan tokoh yang menjadi objek lukisannya. 

 

“Di samping itu juga untuk menggali bakat siswa," kata pria yang juga menjabat sebagai Ketua Pimpinan Cabang (PC) Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (Pergunu) Probolinggo ini.

 

Sementara dewan juri lainnya, H Musyafi’ Ketua Aswaja NU Center Probolinggo mengapresiasi dan mendukung atas terselenggaranya kegiatan ini. Menurutnya, kegiatan yang demikian perlu terus digalakkan sebagai upaya media dakwah.

 

"Kegiatan seperti ini harus terus dilaksanakan sebagai modal yang sangat mendasar untuk membentuk kader NU di madrasah," katanya.

 

Tercatat, ada 10 peserta lomba yang terdiri dari masing-masing kelas dengan dua objek lukisan. Satu lukisan peserta putri, dan satu lukisan peserta putra. Sedang penilaian melalui dua kategori, yakni lukisan dan presentasi.


Tapal Kuda Terbaru