• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 1 Desember 2022

Metropolis

NU Peduli Semeru

LAZISNU dan Banser Surabaya Adakan Khitanan Massal Anak Korban Semeru

LAZISNU dan Banser Surabaya Adakan Khitanan Massal Anak Korban Semeru
Khitanan massal yang diadakan oleh LAZISNU dan Satkorcab Banser Kota Surabaya bagi korban erupsi Gunung Semeru di Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Selasa (11/01/2022). (Foto: NOJ/LYR)
Khitanan massal yang diadakan oleh LAZISNU dan Satkorcab Banser Kota Surabaya bagi korban erupsi Gunung Semeru di Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Selasa (11/01/2022). (Foto: NOJ/LYR)

Sidoarjo, NU Online Jatim

Tim Relawan Nahdlatul Ulama (NU) Peduli Semeru dari berbagai daerah hingga saat ini terus bertugas membantu masyarakat korban terdampak erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang.

 

Seperti yang dilakukan NU Care-Lembaga Amil, Zakat, Infak, Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Kota Surabaya bersinergi dengan Satuan Koordinasi Cabang (Satkorcab) Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Kota Surabaya mengadakan khitanan massal dan pengobatan gratis untuk penyintas Awan Panas dan Guguran (APG) Gunung Semeru mulai tanggal 10-15 Januari 2022.

 

Ketua NU Care-LAZISNU Kota Surabaya H Khosim mengapresiasi atas terselenggaranya baksos tersebut. Menurutnya, kegiatan ini adalah salah satu program LAZISNU di bidang kebencanaan. Selain itu juga sebagai wujud kepedulian kepada warga terdampak bencana erupsi Gunung Semeru.

 

“Kami mengambil sisi yang lain yaitu mengadakan program khitanan massal dan pengobatan gratis. Mudah-mudahan ini menjadi langkah awal bagi kita untuk sinergi dengan Banser Husada (Basada). Semoga dengan adanya program ini bisa sedikit membantu korban erupsi Gunung Semeru dan  senantiasa bermanfaat, barokah fid dini wad dunya wal akhirah,” tuturnya.

 

Sementara, Koordinator  baksos Anton Sujarwo mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pelayanan kesehatan serta mengedukasi masyarakat setempat agar bisa berperilaku hidup sehat.

 

Dijelaskannya, personil yang diterjunkan sebanyak sembilan orang dari unsur Satkorcab Banser Surabaya, Satkorcab Banser Tanggap Bencana (Bagana) Surabaya, dan Satkorcab Banser Husada (Basada) Kota Surabaya.

 

Didukung pula oleh Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor dan Satuan Koordinasi Rayon (Satkoryon) Banser Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang.

 

“Layanan khitanan massal ini kami pusatkan di Posko Banser yakni di rumah H Idie yang berlokasi di Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang. Sejauh ini kami telah memberikan manfaat khitan massal untuk 41 peserta. Usai di khitan mereka mendapatkan bingkisan berisi beras, minyak, mie instan, gula, pasta gigi, dan sabun mandi. Selain itu juga mendapatkan sarung dan uang saku sebesar 50 ribu,” kata Anton kepada NU Online Jatim, Selasa (11/01/2022).

 

Lebih lanjut, Kepala Satuan Khusus (Kasatsus) Satkorcab Basada Kota Surabaya tersebut menambahkan, pihaknya juga melakukan layanan kesehatan door to door menyasar rumah warga di sekitar posko. Warga yang berobat juga mendapatkan bingkisan berupa mie instan, minyak kayu putih, antangin, madu, dan vitamin.

 

“Kami tidak membatasi jumlah peserta sampai berakhirnya baksos ini. Terimakasih kepada para donatur LAZISNU dan warga masyarakat Kota Surabaya yang telah berdonasi, PAC GP Ansor dan Satkoryon Banser Candipuro, serta sejumlah warga yang ikut membantu. Karena tanpa bantuan Satkoryon Banser setempat logistik tidak akan tersampaikan, mereka yang lebih tahu siapa saja warga yang terdampak bencana,” tegasnya.

 

Diungkapkannya, baksos ini sudah ketiga kalinya dilakukan oleh Satkorcab Banser Kota Surabaya di lokasi tersebut pasca terjadinya bencana erupsi Gunung Semeru beberapa waktu lalu. Rata-rata pasien yang datang berobat sebanyak 20-40 orang per hari.

 

Zainal, salah satu tokoh masyarakat setempat mengaku, warga sangat terbantu dengan adanya layanan kesehatan yang digelar oleh Satkorcab Basada Kota Surabaya.

  

“Masyarakat sangat terbantu karena ada pelayanan kesehatan, juga terapis pijat refleksi, bekam, suwuk, dan lainnya. Alhamdulillah banyak yang jodoh sembuh dari sakitnya, sehingga masyarakat sangat antusias,” ujarnya.


Editor:

Metropolis Terbaru