• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 24 Juni 2024

Tapal Kuda

Makna Iqamah Shalat menurut Gus Amak Pasuruan

Makna Iqamah Shalat menurut Gus Amak Pasuruan
Ketua PCNU Kota Pasuruan, Gus H M Nailurrohman. (Foto: NOJ/Mokh Faisol)
Ketua PCNU Kota Pasuruan, Gus H M Nailurrohman. (Foto: NOJ/Mokh Faisol)

Pasuruan, NU Online Jatim

Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Pasuruan, Gus H M Nailurrohman mengatakan, makna iqomatus shalat lebih dari melaksanakan shalat, tetapi hasil dari mendirikan shalat harus tampak di luar kegiatan shalat.


"Orang dikatakan iqamatus shalat ketika berprilaku sebagai mana dia menghamba di hadapan Allah," ujarnya dalam acara pengajian Arbain Nawawi di area Pacuan Kuda Ki Ageng Astro Joyo, Kecamatan Paserpan, Kabupaten Pasuruan, Ahad (19/05/2024).


Menurutnya, dalam kondisi berada di pasar maupun di masjid harus menyadari bahwasanya dalam kehidupan sehari-hari itu dilihat oleh Allah, sehingga perilakunya seperti menghamba kepada Allah.


"Jangan sampai kita masuk masjid seperti wali keluar masjid menjadi maling, itu namanya belum iqamatus shalat," terangnya.


Jika buah dari shalat belum terlihat dalam diri masing-masing, maka ada yang salah dalam shalatnya. Seperti halnya pohon jika di tanam tanpa di pupuk tidak akan berbuah apalagi tanahnya tidak subur, maka jika ingin membuahkan hasil harus konsisten.


"Shalat itu ibaratnya seperti pohon, jika tidak konsisten menyiram dan memberikan pupuk maka tidak akan membuahkan hasil," ungkapnya.


Gus Amak sapaan akrabnya menyebut, orang-orang yang hadir ini semua termasuk golongan melakukan shalat tetapi belum tentu iqamatus shalat, maka dari itu jangan di tinggal. "Dilakukan setiap hari belum tentu sempurna, apalagi di tinggal-tinggal,” jelasnya.


Ketua Majelis Dzikir dan Sholawat (MDS) Rijalul Ansor Jawa Timur tersebut menegaskan, iqamatus shalat merupakan PR dari semuanya, dan itu dapat di ukur dengan perilaku.


"Teruslah jaga shalatmu agar kamu dapat merasakan buah dari shalat kelak nanti," tutupnya.


Tapal Kuda Terbaru