• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 25 Juni 2022

Tapal Kuda

Gus Amak: Shalat Penghubung antara Hamba dengan Allah

Gus Amak: Shalat Penghubung antara Hamba dengan Allah
Gus Amak di acara Festival Isra' Mi'raj Pesantren Bayt Al-Hikmah Pasuruan. (Foto: NOJ/Mokhamad Faisol)
Gus Amak di acara Festival Isra' Mi'raj Pesantren Bayt Al-Hikmah Pasuruan. (Foto: NOJ/Mokhamad Faisol)

Pasuruan, NU Online Jatim

Gus HM Nailurrohman atau Gus Amak selaku Kepala Pondok Pesantren Bayt Al-Hikmah Kota Pasuruan menyampaikan bahwa shalat adalah penghubung antara hamba dengan Allah. Karena itu, shalat adalah kunci kebahagiaan, kesuksesan dan ketentraman dalam hidup.


Hal itu disampaikan Gus Amak Festival Isra’ Mi'raj ke-5 oleh Pimpinan Komisariat PK Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) SMP, SMA dan SMK Bayt Al-Hikmah selama empat hari, dimulai 26 Februari 2022 hingga Selasa (01/03/2022) di Masjid KH Abdul Hamid Abdullah Umar.


"Jika kita ingin tentram dan bahagia hubungan kita dengan Allah harus terus diperbaiki. Jika kita memahami tugas kita sehari hari adalah memperbaiki hubungan dengan Allah, maka hidup kita akan tenang. Caranya ada dua, yakni menjaga shalat dan melakukan amal kebaikan dengan ikhlas,” kata Gus Amak.


Jika shalatnya disiplin, lanjut dia, maka urusan duniawi akan dimudahkan oleh Allah. Begitu juga apabila melakukan kebaikan dengan ikhlas, maka kenikmatan hidup dalam hidup bakal diperoleh.


Sementara itu, Faliansyah, Ketua Pelaksana Festival Isra’ Mi’raj, mengatakan, kegiatan tersebut dilakukan setiap tahun. Festival diisi dengan lomba-lomba dengan peserta yang dikhususkan kader PK IPNU SMP, SMA dan SMK Bayt Al-Hikmah. Tujuannya untuk mengasah kemampuan kader IPNU.


"Alhamdulillah, peserta lomba festival Isra’ Mi'raj ini cukup banyak. Saya sangat salut dengan antusias kader IPNU meski lomba semacam ini sudah lima kali dilaksanakan,” ujarnya kepada NU Online Jatim, Kamis (02/03/2022).


Ada delapan lomba di festival Isra’ Mi'raj tersebut. Yakni Musabaqoh Fahmil Qur'an (MFQ), Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MFQ), Musabaqoh Syahril Qur'an (MSQ), Al Banjari,  Futsal Sarungan, Drama Islami, Kaligrafi dan Azan.


"Festival  ini merupakan kerja sama remaja masjid dan PK IPNU SMP, SMA dan SMK Bayt Al-Hikmah. Festival Isra’ Mi'raj ini bertujuan untuk menumbuhkan dan memfasilitasi kreativitas santri," tandas Falian.


Tapal Kuda Terbaru