• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 23 April 2024

Tapal Kuda

Mengenal 3 Laboratorium Keilmuan Fakultas Syariah UIN KHAS Jember

Mengenal 3 Laboratorium Keilmuan Fakultas Syariah UIN KHAS Jember
Laboratorium Mahkamah Konstitusi Fakultas Syariah UIN KHAS Jember. (Foto: NOJ/ Istimewa)
Laboratorium Mahkamah Konstitusi Fakultas Syariah UIN KHAS Jember. (Foto: NOJ/ Istimewa)

Jember, NU Online Jatim

Salah satu unsur penting bagi calon mahasiswa untuk memilih tempat kuliah adalah fasilitas penunjang akademik. Suasana akademik yang nyaman dan mendukung dalam pengembangan bakat dan minat mahasiswa, menjadi salah satu indikator penting sebagai alasan memilih tempat kuliah.

 

Berkaitan dengan tersebut, Fakultas Syariah Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq (UIN KHAS) Jember menyuguhkan atmosfer akademik yang kental dengan tradisi berfikir, berdebat, dan berdialektika.

 

Suasana akademik itu mewarnai nafas perjalanan kehidupan civitas akademika Fakultas Syariah UIN KHAS Jember yang terdiri dari empat program studi, yaitu Hukum Kelurga (HK), Hukum Ekonomi Syariah (HES), Hukum Pidana Islam (HPI), dan Hukum Tata Negara (HTN).

 

Dekan Fakultas Syariah UIN KHAS Jember Wildani Hefni menyampaikan bahwa Fakultas Syariah UIN KHAS Jember dirancang dengan iklim akademik yang memberikan ruang bagi mahasiswa untuk merayakan pemikiran dalam kritik nalar epistemologi keilmuan.

 

“Pusat studi dan kajian, laboratorium serta komunitas akademik yang berada di lingkungan Fakultas Syariah kami rancang sebagai perwujudan community of learning dalam membangun tradisi intelektual,” katanya di Jember dalam keterangan tertulis, Rabu (28/02/2024).

 

Berikut 3 laboratorium keilmuan di lingkungan Fakultas Syariah UIN KHAS Jember:

 

1. Laboratorium Peradilan Semu

Laboratorium peradilan semua di Fakultas Syariah UIN KHAS Jember ini merupakan wadah pengembangan keilmuan mahasiswa, utamanya dalam aplikasi teori hukum acara perdata, hukum acara pidana, hukum acara tata negara pada persidangan di Pengadilan Negeri, Pengadilan Agama, dan Pengadilan Tatat Usaha Negara.

 

2. Laboratorium Mahkamah Konstitusi

Laboratorium Mahkamah Konstitusi (MK) di Fakultas Syariah UIN KHAS Jember merupakan laboratorium MK pertama kali di lingkungan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN).

 

“Laboratorium MK ini menjadi pelopor kajian-kajian yang mempertemukan gagasan-gagasan mengenai konstitusi dan konstitusionalisme dengan sudut pandang ilmu Syariah,” ungkapnya.

 

Laboratorium MK ini juga menjadi sarana edukasi kepada mahasiswa maupun masyarakat tentang fungsi dan peran Mahkamah Konstitusi dalam sistem hukum Indonesia, sekaligus menjadi wadah kegiatan dan kajian mendalam tentang konstitusi dan Mahkamah Konstitusi.

 

3. Laboratorium Falak

Laboratorium Falak Fakultas Syariah UIN KHAS Jember dilengkapi dengan peralatan astronomi yang memadai, mulai dari theodolite, teropong, kalkulator, satu paket pengukuran arah kiblat, dan lain-lain.

 

Laboratorium Falak ini menjadi sarana kajian sekaligus wahana praktikum mahasiswa untuk terus mengaplikasikan keilmuan teoritis yang diperoleh di bangku kuliah, mulai dari konsultasi dan kajian falakiah, pendidikan dan pelatihan hisab rukyat, praktik menyusun waktu shalat, menyusun kalender hijriah dan masehi, praktek rukyatul hilal, praktek kalibrasi arah kiblat, pengembangan software ilmu Falak, dan observasi benda-benda langit.


Tapal Kuda Terbaru