• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 15 Agustus 2022

Tapal Kuda

NU Pasuruan Perkokoh Struktural dan Kultural melalui Istighatsah

NU Pasuruan Perkokoh Struktural dan Kultural melalui Istighatsah
Suasana istighatsah rutin Jumat legi PCNU. Kabupaten Pasuruan (Foto: NOJ/Mokh Faisol)
Suasana istighatsah rutin Jumat legi PCNU. Kabupaten Pasuruan (Foto: NOJ/Mokh Faisol)

Pasuruan, NU Online Jatim
Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Pasuruan Menggelar istighatsah rutin Jumat legi di Masjid Agung Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Pasuruan, Jumat (24/06/2022). Tujuan istighatsah rutin ini adalah mempertahankan dan merawat amaliah wali songo yang diteruskan oleh masayikh NU,

 

"Di samping silaturahmi, istighatsah ini bertujuan untuk memperkokoh struktural dan kultural NU," ujar Anjumil Azhari, Ketua Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Kecamatan Sukorejo.

 

Menurutnya, menjelang satu abad NU, nahdiyin harus satu komando dan meluruskan barisan bersama para ulama dengan cara menjalankan instruksi dari PBNU hingga ke MWCNU.

 

"Tiada Islam tanpa jama'ah, tiada jama'ah tanpa pemimpin dan tiada pemimpin tanpa pengikut yang setia. Oleh karena itu kita harus satu komando dengan para ulama karena ketiganya saling berkaitan," katanya.

 

Sementara itu, Wakil Ketua PCNU Kabupaten Pasuruan, Gus Ahmad Taufiq Abdurahman mengapresiasi MWCNU Sukorejo karena dapat mengerakkan dan mengkonsolidasikan jam'iyah serta jama'ahnya. Hal itu sudah dibuktikan dengan dua kali memenangkan penghargaan MWCNU terbaik se-Kabupaten Pasuruan.

 

"Prestasi ini harus terus ditingkatkan karena tantangan jam'iyah semakin hari semakin berat bukan semakin mudah," terangnya.

 

Dirinya juga berpesan kepada jamaah yang hadir bahwa harus bangga kepada jam'iyah NU, karena bisa bertahan hingga satu abad. Tentu ini ada tantangan yang harus dihadapi ke depan oleh para penerus.

 

"Jika saat ini kita bisa menyaksikan guyub dan solidnya NU, tentu karena ikhtiar dan jihad para perintis NU. Merekalah yang bersusah paya menanam bibit dan kita yang menikmati. Oleh karena itu mari kita jaga jam'iyah ini," ungkapnya.

 

Salah satu bentuk upaya PCNU Kabupaten Pasuruan memeriahkan satu abad NU adalah mewariskan Rumah Sakit Nahdlatul Ulama (RSNU) dan perguruan tinggi ITSNU STAIS Pasuruan.

 

"Mari kita galakkan dana untuk membantu RSNU atau kantor NU melalui program koin NU. Sehingga anak cucu kita bisa mengembangkan peninggalan dari pendahulunya," pungkasnya.


Tapal Kuda Terbaru