• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 7 Agustus 2022

Tapal Kuda

Nukilan, Cara Pesantren Ngalah Pasuruan Jaga Ketersambungan 

Nukilan, Cara Pesantren Ngalah Pasuruan Jaga Ketersambungan 
Flayer Ngaji Bandongan Pondok Pesantren Ngalah Pasuruan (Foto: NOJ/Alfandi).
Flayer Ngaji Bandongan Pondok Pesantren Ngalah Pasuruan (Foto: NOJ/Alfandi).

Pasuruan, NU Online Jatim
Pondok Pesantren Ngalah Desa Sengonagung, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Pasuruan menggelar Program Ngluru Ilmu Soko Ngaji Kilatan atau Nukilan. Acara dilakukan  secara virtual melalui channel Youtube Ngalah TV.
 

Koordinator Pendidikan Pusat Pesantren Ngalah, Ustadz Alfandi Jaelani menjelaskan tujuan program untuk menfasilitasi para alumni dan jamaah. Apalagi mereka tersebar di berbagai daerah agar dapat terus tersambung dengan pesantren.
 

"Untuk mengisi konten di hari-hari efektif. Karena selama ini konten ngaji hanya ada di bulan Ramadhan saja," katanya kepada NU Online Jatim, Ahad (02/01/2022).
 

Ia juga menyampaikan jadwal, nama kitab, dan pengasuh kajiannya. Dimulai hari Sabtu kitab Fathul Izar diasuh oleh Ustadz Arief Rahman Hakim. Untuk hari Ahad kitab Targhib wa Tarhib oleh Ustadz H Afif Dimyati.
 

Sedangkan hari Selasa kitab Ghoyatut Taqrib bersama Ustadz Muhammad Fauzi. Lalu hari Rabu kitab Risalatul Makhid oleh Ustadz Miftara Ainul Mufid. Pengajian dimulai pukul 08.30 sampai dengan 19.00 WIB.
 

"Karena masih perdana di masa efektif. Dipilih kitab-kitab dasar dan tidak terlalu tebal. Tapi sangat dalam keilmuannya ketika dikaji lebih dalam," imbuh sarjana teknik mesin Universitas Yudharta Pasuruan itu.
 

Ustadz Alfandi juga menuturkan bahwa kitab Risalatul Mahidh yang dikaji merupakan versi dari Ploso, Kediri. Sehingga pembahasan tentang problematika haid telah dilengkapi dengan jadwal-jadwal atau tabel-tabel.
 

"Kami juga sedang mempersiapkan kegiatan praktik ubudiyah bareng santri atau padosan dan kajian ala mujadalah atau kalam podcast," pungkas pria asal Kecamatan Tutur Kabupaten Pasuruan itu.


Editor:

Tapal Kuda Terbaru