• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 3 Juli 2022

Tapal Kuda

Upaya Tingkatkan Literasi, ISNU Pasuruan Gelar Seminar Nasional dan Bedah Buku

Upaya Tingkatkan Literasi, ISNU Pasuruan Gelar Seminar Nasional dan Bedah Buku
Seminar nasional dan bedah buku yang diadakan ISNU Kabupaten Pasuruan. (Foto: NOJ/ Faisol).
Seminar nasional dan bedah buku yang diadakan ISNU Kabupaten Pasuruan. (Foto: NOJ/ Faisol).

Pasuruan, NU Online Jatim

Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) Kabupaten Pasuruan dan Institut Agama Islam (IAI) Darullughah Wadda'wah menggelar Seminar Nasional dan Bedah Buku, Jumat (31/12/2021). Kegiatan ini dilaksanakan di lantai 3 Hotel Dalwa Syariah, Bangil, Kabupaten Pasuruan.

 

Ketua ISNU Kabupaten Pasuruan Ahmad Adip Muhdi mengatakan, ISNU Kabupaten Pasuruan sejak awal berkomitmen untuk mendukung, mendorong dan bahkan menfasilitasi tumbuh kembangnya budaya literasi di masyarakat.

 

“Problem kita hari ini literasi di kalangan masyarakat masih rendah. Jadi, ISNU punya kewajiban untuk memfasilitasi kegiatan-kegiatan pengembangan literasi. Baik dosen, pelajar dan masyarakat," ujarnya kepada NU Online Jatim.

 

Lebih lanjut Adib menegaskan, ISNU harus menjadi penggerak untuk meningkatkan literasi. Sebab, ISNU memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) yang mumpuni terdiri dari para sanrjana berkompeten.

 

"Sebagian besar mereka adalah para guru dan dosen. Baik S-1, S-2 bahkan S-3 terhimpun menjadi satu di ISNU," imbuhnya.

 

Adib juga menyampaikan, selain melaksanakan seminar, ISNU juga meluncurkan buku yang berjudul ‘Tradisi Pendidikan Nilai di Perguruan Tinggi Berbasis Pesantren’. Buku tersebut merupakan karya dari Vialinda Siswati.

 

“Buku yang direview awalnya merupakan disertasi. Karena tema yang diangkat sangat urgen, maka ISNU memfasilitasi untuk menerbitkannya dan menyebarluaskan buku tersebut,” ujarnya.

 

Dosen ITSNU-STAIS Pasuruan tersebut juga berharap, anggota dan pengurus ISNU Kabupaten Pasuruan semakin meningkatkan kegiatan penelitian dan pendampingan masyarakat. Sehingga bisa menghasilkan karya yang dibutuhkan oleh masyarakat.

 

"Saya berharap ISNU bisa membuat penelitian dan menerbitkan hasil pemikirannya khususnya dalam mengembangakan pendidikan di Kabupaten Pasuruan," ungkapnya.

  

Seminar ini dihadiri oleh angggota ISNU dari setiap perguruan tinggi se-Kabupaten Pasuruan. Selain itu, ada pula perwakilan Pimpinan Anak Cabang (PAC) ISNU dari 24 kecamatan dan Direktur Pascasarjana IAI Dalwa, Zainal Abidin.


Editor:

Tapal Kuda Terbaru