• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 4 Oktober 2022

Tapal Kuda

PC IPNU-IPPNU Jember Bakal Optimalkan Kaderisasi di Sekolah dan Pesantren

PC IPNU-IPPNU Jember Bakal Optimalkan Kaderisasi di Sekolah dan Pesantren
Serah terima jabatan dari pengurus lama ke pengurus baru PC IPNU-IPPNU Kabupaten Jember, Sabtu (13/02/2021). (Foto: NOJ/ Muhammad Hairs).
Serah terima jabatan dari pengurus lama ke pengurus baru PC IPNU-IPPNU Kabupaten Jember, Sabtu (13/02/2021). (Foto: NOJ/ Muhammad Hairs).

Jember, NU Online Jatim

Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kabupaten Jember resmi dilantik, Sabtu (13/02/2021). Kegiatan pelantikan ini mengusung tema “Ilmu Kucari, Amal Kuberi”.

 

Acara yang bertempat di Lembaga Pendidikan Perjuangan Bustanul Ulum Kecamatan Pakusari, Kabupaten Jember ini berjalan khidmat dan lancar dengan mematuhi protokol kesehatan. Seluruh peserta dan undangan memakai masker, mencuci tangan serta harus cek suhu badan sebelum masuk ke lokasi acara pelantikan. 

 

Turut hadir Gus Robith Qosidi beserta M Nur Huda, Wakil Ketua Tanfidziah PCNU Jember, KH Mohammad Hafidi Cholish, Pengasuh LPP Bustanul Ulum, pengurus Pimpinan Wilayah (PW) IPNU-IPPNU Jawa Timur dan Majelis  Alumni IPNU-IPPNU Jember. Selain itu juga hadir Itqon Syauqi Ketua DPRD Kabupaten Jember, PC IPNU-IPPNU se-Tapal Kuda beserta perwakilan kader IPNU-IPPNU se-Kabupaten Jember.

 

Dalam sambutannya, Alfan Khairul Ichwan, Ketua PC IPNU Jember menjelaskan tentang sejarah kejayaan IPNU-IPPNU di tingkat sekolah umum swasta maupun negeri. “Pada tahun pendirian 1985 sampai 1988  IPNU-IPPNU pernah jaya di ranah sekolah umum swasta maupun negeri. Karena pada saat itu  IPNU-IPPNU masih mendapatkan dedikasi dan regulasi untuk menerpa diri di tataran sekolah,” jelasnya.

 

Ketua PC IPNU Jember tersebut juga menjelaskan tentang dampak perubahan nama ikatan pelajar menjadi ikatan pemuda serta ikatan pelajar putri menjadi ikatan putri-putri yang sangat berpengaruh terhadap berkurangnya nilai dan esensial IPNU-IPPNU di tataran lembaga sekolah umum hingga sampai saat ini.

 

“Sekarang meskipun nama IPNU-IPPNU sudah kembali di ranah pelajar, namun sampai saat ini esensi dan nilai-nilai terhadap sekolah itu masih belum terbentuk,” lanjutnya.

 

Dirinya menginginkan semoga kali ini IPNU-IPPNU khususnya di Jember bisa kembali ke ranah sekolah seperti zaman waktu pendirian. “Karena itu merupakan misi penyelamatan yang sangat besar,” Ungkapnya.

 

Selain itu, pria asal Jenggawah tersebut juga mengajak kepada seluruh elemen untuk bisa mendukung dan mensukseskan keinginannya tersebut. “Di Jember semoga para tokoh dan ulama NU dapat menjadi wasilah untuk nantinya IPNU-IPPNU mendapatkan legalitas di tataran sekolah,” ungkapnya.

 

Sementara itu, Ketua PC IPPNU Jember, Luky Handayani mengungkapkan, betapa besar kekuatan IPNU-IPPNU Jember  kedepan jika bisa di optimalkan bersama. “Kita memiliki banyak lembaga dan pondok pesantren  dibawah naungan NU, yang mana jika kita mampu mengolahnya dengan baik itu akan menjadi kekuatan untuk mengembangkan organisasi kita kedepan,” katanya.

 

Dirinya juga menginginkan kepengurusan kali ini mampu mengoptimalkan IPNU-IPPNU di tataran sekolah dan pondok pesantren. “Sehingga bidang garap IPNU-IPPNU bukan hanya anak jalanan namun juga termasuk santri dan pelajar di tataran sekolah,” ungkapnya.

 

 

Sedangkan pengurus PCNU Jember, M Nur Huda menyampaikan ucapan selamat dan sukses atas dilantiknya pengurus baru PC IPNU-IPPNU Jember Periode 2020-2022. “Semoga ini menjadi keberkahan, sehingga jika keberkahan muncul maka akan menjadi sebuah ke-Istiqamahan dan Istiqamah itu sendiri merupakan bagian tak terpisahkan dari Keberkahan,” pungkasnya.

 

Penulis: Mohammad Haris

Editor: Romza


Editor:

Tapal Kuda Terbaru