• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 27 September 2022

Tapal Kuda

Pengasuh Pesantren di Lumajang, KH Khaidir Fauzi Fasa Wafat

Pengasuh Pesantren di Lumajang, KH Khaidir Fauzi Fasa Wafat
Almaghfurlah KH Khaidir Fauzi Fasa. (Foto: NOJ)
Almaghfurlah KH Khaidir Fauzi Fasa. (Foto: NOJ)

Lumajang, NU Online Jatim 

Innalillahi wainna ilahi rajiun. Kabar duka menimpa dunia pesantren, khususnya di kawasan Lumajang. Karena pada Senin (23/11/2020), KH Adnan Syarif wafat. Wafatnya kiai ini juga diawali dengan kabar duka dari Kediri yakni meninggalnya KH Abdul Latif Madjid.

 

Dan tidak lama, kabar duka juga datang dari Pondok Pesantren Radhlar Rakhmaniyah Suko, Rogotrunan Lumajang.

 

Adalah KH Khaidir Fauzi Fasa selaku pengasuh pesantren setempat meninggal dunia sore harinya. Almaghfurlah telah menjalani perawatan di Rumah Sakit Islam Lumajang.

 

 

"Kami mendengar kabar duka ini sekitar pukul 16.00. Beliau dirawat di Rumah Sakit Islam Lumajang selama beberapa hari, karena beliau memang sudah sepuh," kata Nurul Huda, keponakan KH Khaidir Fauzi Fasa, Senin (23/11/2020) malam.

 

Pondok Pesantren Roudlotur Rokhmaniyah merupakan salah satu pesantren yang cukup tua di Lumajang. Warga setempat mengenalnya sebagai pondok putri.

 

"Sekarang sudah ada santri putranya. Tidak banyak memang, karena memang awalnya pesantren ini memang untuk santri putri saja," kata Nurul Huda.

 

 

Selain aktif sebagai pengasuh, KH Khaidir Fauzi Fasa juga aktif dalam kepengurusan NU Lumajang.

 

"Pemakaman besok pagi (hari ini, red), karena sekarang hujan,” pungkas Nurul Huda.


Editor:

Tapal Kuda Terbaru