• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 5 Desember 2022

Tapal Kuda

Perdana, MTQ JQHNU Lumajang Diikuti Ratusan Peserta

Perdana, MTQ JQHNU Lumajang Diikuti Ratusan Peserta
Kirab kafilah MTQ JQHNU Lumajang perdana yang diikuti ratusan peserta. (Foto: NOJ/ Sufyan Arif)
Kirab kafilah MTQ JQHNU Lumajang perdana yang diikuti ratusan peserta. (Foto: NOJ/ Sufyan Arif)

Lumajang, NU Online Jatim

Pimpinan Cabang (PC) Jam’iyatul Qurra' wal Huffadz Nahdlatul Ulama (JQHNU) Lumajang menggelar Musabaqoh Tilawatul Qur'an (MTQ) se-Kabupaten Lumajang. Acara dipusatkan di MI Nurul Ulum, Sememu, Pasirian, Lumajang, Ahad (26/09/2021). Acara yang pertama kalinya digelar ini diikuti  ratusan peserta.

 

Agenda pembukaan dihadiri Bupati Lumajang H Thoriqul Haq, Ketua DPRD Lumajang Anang Akhmad Syaifuddin, Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Pasirian, serta sejumlah pengurus JQHNU Lumajang.

 

Ketua PC JQHNU Lumajang, Gus Muhammad Ilyas mengatakan, kegiatan MTQ tingkat kabupaten yang diadakan oleh JQHNU sementara ini merupakan kegiatan satu-satunya yang ada di Jawa Timur.

 

"Koordinator bidang tilawah sangat bersemangat dan tidak main-main mengadakan kegiatan ini, salah satunya dengan mendatangkan dewan juri seorang Qari nasional, yakni Kiai Zainuddin asal Situbondo," ujarnya.

 

Gus Ilyas merasa sangat terbantu dengan kegiatan semacam ini. Sebab, hal ini   merupakan upaya dalam memupuk semangat anak-anak untuk terus belajar tilawah atau yang familiar dengan sebutan qira'ah.

 

"Saya minta barokah doa dan dukungan semuanya, terutama kepada Bapak Bupati dan Ketua DPRD Lumajang, semoga kami semua bisa istiqamah melakukakan pembinaan tentang Al-Qur'an bersama masyarakat," ungkapnya.

 

Sementara ketua panitia penyelenggara, Abdillah menuturkan meskipun MTQ baru pertama kali diadakan, tetapi pengurus Pimpinan Anak Cabang (PAC) JQHNU di Lumajang sangat antusias mengirimkan utusannya. Mengingat, kepesertaan dalam kegiatan ini merupakan delegasi masing-masing PAC JQHNU yang secara intens membina anak-anak tilawah.

 

Disebutkan oleh Abdillah, bahwa cabang lomba ada dua jenis. Yaitu lomba tilawah anak-anak dan tilawah remaja, dengan masing-masing lomba diikuti peserta putra dan putri.

 

"Total peserta semuanya 113 orang. Setiap PAC JQHNU berhak mengirimkan delegasinya maksimal empat peserta di setiap cabang lomba," ungkap pria yang juga Koordinator Bidang Tilawah PC JQHNU Lumajang ini.

 

Meskipun digelar perdana, persiapan yang dilakukan panitia penyelenggara cukup serius. Salah satunya dibuktikan dengan disediakannya dapur umum bagi siapapun yang hendak makan atau sekedar minum kopi.

 

"Silakan, siapa saja boleh menikmati suguhan di dapur umum MTQ tersebut, baik itu peserta, pendamping, atau pendukung masing-masing peserta,” pungkasnya.

 

Penulis: Sufyan Arif


Tapal Kuda Terbaru