• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 23 Mei 2022

Tapal Kuda

Pesantren Nurul Qarnain Jember Kini Resmi Punya Poskestren

Pesantren Nurul Qarnain Jember Kini Resmi Punya Poskestren
Penandatanganan MoU Pesantren Nurul Qarnain dengan Puskesmas Sukowono, Jember. (Foto: NOJ/ Wildan Miftahussurur)
Penandatanganan MoU Pesantren Nurul Qarnain dengan Puskesmas Sukowono, Jember. (Foto: NOJ/ Wildan Miftahussurur)

Jember, NU Online Jatim

Peningkatan fasilitas bagi pondok pesantren menjadi kebutuhan yang sangat penting di era saat ini. Untuk itu, Pondok Pesantren Nurul Qarnain, Sukowono, Jember melaksanakan peresmian Pos Kesehatan Pesantren atau Poskestren, Rabu (26/01/2021).

 

Acara yang dipusatkan di auditorium pesantren setempat ini dihadiri keluarga besar Pesantren Nurul Qarnain dan Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) Sukowono, meliputi Camat, Kapolsek, Danramil, dan Kepala Puskesmas.

 

Pengasuh Pesantren Nurul Qarnain KH Yazid Karimullah menyampaikan, bahwa diresmikannya Poskestren tersebut merupakan hal yang patut disyukuri. Menurutnya, hal ini merupakan langkah awal bagi pesantren untuk menjejaki taraf yang lebih tinggi.

 

“Semisal dengan pendirian Rumah Sakit Nurul Qarnain di masa-masa yang akan datang,” ujarnya.

 

Ia mengingatkan, ada tiga hal pokok yang wajib dipegang agar cita-cita dan impian tersebut tercapai. Yakni dengan menukil perkataan Imam Al Kusairi, yaitu, aman, sehat, dan ekonomi yang mapan. 

 

"Karena apabila salah satu dari tiga hal itu tidak ada, maka impian tidak akan diperoleh," imbuhnya.

 

Sementara Kepala Puskesmas Sukowono dr Andi menyampaikan, dirinya merasa bangga dapat bekerja sama dengan Pesantren Nurul Qarnain. Karena menurutnya, Pesantren Nurul Qarnain adalah salah satu pondok pesantren pertama di Jember Utara yang sudah melaksanakan vaksin 2 dosis.

 

"Pondok pesantren Nurul Qarnain benar-benar memperhatikan kebersihan dan kesehatan para santrinya. Di saat pondok lain maju mundur untuk melaksanakan vaksinasi. Pesantren Nurul Qarnain menjadi nomer satu yang mendaftar minta divaksin, bahkan sebelum dosis vaksin masih belum datang," ungkapnya.

 

Dirinya pun berjanji secepatnya akan menyiapkan petugas dari Puskesmas Sukowono untuk melakukan jadwal tugas di Poskestren Nurul Qarnain.

 

"Secepatnya kami akan siapkan jadwal petugas dari Puskesmas yang akan membantu di Poskestren Nurul Qarnain," tandasnya.

 

Diketahui, kerja sama Poskestren Nurul Qarnain dengan Puskesmas Sukowono ditandai dengan penandatanganan MoU dan SK Poskestren oleh Pengasuh, Camat, dan Kepala Puskesmas Sukowono. 

  

Kemudian, 21 santri pengurus Poskestren dilantik oleh pengasuh KH Yazid Karimullah dengan pemberian SK tugas dan pembacaan ikrar. Acara kemudian dipungkasi dengan pemotongan pita tanda dibukanya Poskestren Nurul Qarnain.
 
Penulis: Wildan Miftahussurur


Tapal Kuda Terbaru