• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 7 Februari 2023

Tapal Kuda

Ribuan Kader Perempuan NU Lumajang Shalawat Bersama Songsong 1 Abad NU

Ribuan Kader Perempuan NU Lumajang Shalawat Bersama Songsong 1 Abad NU
Kegiatan Perempuan NU Bershalawat yang digelar PC Muslimat NU dan PC Fatayat NU Lumajang. (Foto: NOJ/ Dok. Media Fatayat NU Lumajang)
Kegiatan Perempuan NU Bershalawat yang digelar PC Muslimat NU dan PC Fatayat NU Lumajang. (Foto: NOJ/ Dok. Media Fatayat NU Lumajang)

Lumajang, NU Online Jatim
Menyongsong 1 abad Nahdlatul Ulama, ribuan kader Muslimat NU dan Fatayat NU Lumajang menggelar shalawat bersama dengan tajuk ‘Perempuan NU Bershalawat’. Kegiatan tersebut dipusatkan di Gelanggang Olahraga (GOR) Wira Bhakti Lumajang, Sabtu (03/12/2022).


GOR Wira Bhakti Lumajang tampak begitu sesak dan dipadati dominasi warna hijau ciri khas Muslimat NU dan Fatayat NU, disertai atribut bendera Indonesia dan NU ukuran kecil. Tampak hadir para Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU), lembaga dan Badan Otonom (Banom) NU Lumajang, serta Bupati Lumajang dan beberapa perwakilan organisasi perempuan di Lumajang.


"Alhamdulillah, semua kader Fatayat NU dan Muslimat NU se-Lumajang hadir. Rekanita IPPNU juga hadir. Kita bersyukur bisa melaksanakan peringatan menyongsong 1 abad NU ini. Insyaallah menapaki abad kedua nanti, NU akan lebih semangat, lebih maju, dan semakin diperhitungkan," ujar Ketua Pimpinan Cabang (PC) Fatayat NU Lumajang, Lailatul Qodriyyah.


Sementara itu, Ketua PCNU Lumajang KH Jamaluddin atau Abah Jamal sangat mengapresiasi acara yang diinisiasi PC Fatayat NU Lumajang tersebut. Hal itu menurutnya penting dilakukan sebagai bentuk kolaborasi wadah NU yang menaungi para perempuan.


"Selama ini IPPNU bergerak sendiri, Fatayat NU dan Muslimat NU juga begitu, bahkan seakan tidak saling mengenal. Ini adalah permulaan sebagai kegiatan yang sifatnya kolaboratif semua unsur perempuan NU," puji Abah Jamal.


Ia menjelaskan, dalam rangka 1 abad NU ini Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) juga telah membentuk NU Women yang melibatkan semua banom perempuan NU. Hal ini sebagai wadah silaturahim dengan tiga prioritas progam yang nantinya bisa diadopsi oleh para pengurus Muslimat NU, Fatayat NU, dan IPPNU.


Di antaranya, penguatan perlindungan perempuan dan anak. Karena masih banyak kasus perundungan seksual, hingga kekerasan dalam rumah tangga. Maka, diharapkan dapat berkontribusi dalam masalah sosial tersebut.


“Kedua, yaitu penanggulangan perubahan iklim dan ketiga pemberdayaan perempuan dalam politik sosial ekonomi dan keagamaan," tandasnya.


Tapal Kuda Terbaru