• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 3 Maret 2024

Tapal Kuda

Sekretaris NU Pasuruan Ingatkan Kader IPNU Rasa Percaya Diri

Sekretaris NU Pasuruan Ingatkan Kader IPNU Rasa Percaya Diri
Saiful Anam Chalim (tengah pegang mik), Sekretaris PCNU Kabupaten Pasuruan. (Foto: NOJ/ Mokh Faisol)
Saiful Anam Chalim (tengah pegang mik), Sekretaris PCNU Kabupaten Pasuruan. (Foto: NOJ/ Mokh Faisol)

Pasuruan, NU Online Jatim
Sekretaris Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Pasuruan, Saiful Anam Chalim mengingatkan kader Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) punya rasa percaya diri yang tinggi.


Penekanan itu disampaikan saat kegiatan Latihan Instruktur (Latin) yang digelar Pimpinan Cabang (PC) IPNU Kabupaten Pasuruan. Agenda yang dilaksanakan selama empat hari pada Kamis-Ahad (03-06/11/2022) itu dipusatkan di Kantor PCNU setempat.


"Berbicara di depan orang banyak itu butuh keterampilan dan keahlian, salah satunya ialah rasa percaya diri," ujarnya.


Ia mengatakan, di antara cara menumbuhkan rasa percaya diri saat di depan umum ialah menguasai materi yang akan disampaikan. Sedangkan cara menguasai materi yaitu dengan banyak belajar dan membaca.


“Pengetahuan tersebut hendaknya terus diasah dan menambah jam terbang. Mumpung masih muda, ayo belajar dan asah kemampuan kalian, semisal jadi pemateri kaderisasi Masa Kesetiaan Anggota (Makesta) atau Latihan Kader Muda (Lakmud)," katanya.


"Kalian sudah dilatih empat hari di sini. Jadi, tidak ada alasan untuk tidak siap saat disuruh menjadi instruktur untuk mengawal kaderisasi Makesta dan Lakmud,” imbuhnya.


Menurutnya, pada saat diminta menjadi pemateri hendaknya siap bagi kader IPNU jebolah Latin, meskipun sifatnya mendadak. Referensi terkait materi yang akan disampaikan hendaknya dipetakan terlebih dahulu.


"Kalian jangan menolak jika diminta jadi pemateri dengan alasan belum siap, ingat metode-metode pembelajaran yang sudah dipraktikkan pada saat Latin," tegasnya.


Dirinya berpesan, materi-materi dalam kegiatan Latin dirasa cukup untuk menjadi bekal ketika terjun di Pimpinan Anak Cabang (PAC) atau Pimpinan Ranting (PR) IPNU dalam melakukan kaderisasi. Namun, jangan merasa puas dan tetaplah belajar.


"Yang terpenting adalah tindak lanjut, karena itu yang menjadi tolak ukur keberhasilan kegiatan Latin kalian tempuh. Semoga bermanfaat dan selamat berjuang," tandasnya.


Tapal Kuda Terbaru